Daftar Lagu Daerah Asal Banten Paling Populer, Bahkan Disadur Penyanyi Asal Taiwan

Daftar Lagu Daerah Asal Banten Paling Populer, Bahkan Disadur Penyanyi Asal Taiwan

lagu daerah asal Banten--freepik

Dayung Sampan

Lagu Dayung Sampan bercerita tentang aktivitas masyarakat yang bekerja sebagai nelayan.

Liriknya menggambarkan kehidupan para nelayan yang mendayung sampan ke tengah laut.

Hal ini erat kaitannya dengan budaya masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di pesisir pantai Banten.

Yu Ragam Belajar

Lagu 'Yu Ragem Berajar' yang diciptaka oleh A. Syahri Aliman ini memiliki lirik berbahasa Sunda dan menyampaikan serangkaian pesan dari guru kepada murid: 'Selalu berbakti kepada orang tua, rajin belajar dan rajin beribadah'.

Lagu daerah Banten dengan 12 baris lirik ini memiliki tempo yang lambat dan isi lirik yang sederhana. Para orang tua sering menyanyikan Yu Ragem Belajar sebagai lagu pengantar tidur untuk anak-anak mereka, dan di masa lalu lagu ini telah menjadi hiburan favorit anak-anak Banten di malam hari.

Basisir Carita

Seperti namanya, Basisir Carita sangat erat kaitannya dengan pariwisata Pantai Carita yang selalu dibanjiri oleh turis lokal dan mancanegara. Pantai Carita juga menjadi sumber penghasilan bagi para nelayan setempat.

Tidak diketahui secara pasti siapa yang menciptakan lagu Basisir Carita. Lagu ini sering dinyanyikan oleh masyarakat Banten secara turun temurun.

Ibu

Lagu yang diciptakan oleh A Syahri Aliman ini bercerita tentang perjuangan seorang ibu selama proses melahirkan, merawat anak dan membesarkannya hingga dewasa. 

Selain itu, lagu ini juga mengajak kita untuk selalu berbakti kepada orang tua, terutama ibu.

Cemore

Cemore 'cerdas, modern dan religius'. Lagu ini berasal dari bahasa Betawi Ora, campuran budaya Tionghoa, Betawi, dan Sunda di wilayah Tangerang Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: