Perawatan Rumput Zoyzia Matrella Milik Banten Internasional Stadium Makan Biaya Besar

Perawatan Rumput Zoyzia Matrella Milik Banten Internasional Stadium Makan Biaya Besar

Rumput Banten Internasional Stadium--instagram @stadion.banten

INFORADAR.ID - Banten Internasional Stadium merupakan stadion terbesar yang ada di Provinsi Banten.

Banten Internasional Stadium atau BIS salah satu stadion yang akan menjadi wacana untuk digunakan pertandingan Piala Dunia U-17 yang akan datang.

Meski masih menjadi perdebatan untuk menggunakan Banten Internasional Stadium sebagai lapangan pertandingan internasional, namun BIS memiliki fasilitas penunjang yang sudah berstandar FIFA.

Seperti rumput yang digunakan oleh BIS diimpor langsung dari Italia yang berjenis Zoysia Matrella.

Dalam dunia sepak bola, rumput Zoysis Matrella menjadi standarisasi FIFA bertaraf internasional.

Zoysia Matrella atau biasa yang disebut rumput Manila merupakan jenis rumput yang paling baik untuk digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola.

Memiliki warna hijau yang lebih pekat diantara standar rumput FIFA lainnya seperti Cynodong Dactylon dan Azonopus Compressus.

Tingkat elasititas (berhubungan dengan bola bergelinding) juga sangat baik.

Memilikitekstur rumput dengan dsuin yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman saat kena pul sepatu.

Zoysia Matrella memiliki kekuatan akar rumput yang sangat baik. Namun, agar tetap dalam kualitas yang baik membutuhkan pengelolaan tingkat tinggi.

Perawatan yang dilakukan oleh BIS yang menggunakan rumput akan lebih sulit dan membutuhkan biaya mahal. Selain itu harga rumput ini pun lebih mahal.

Kendati demikian, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar mengatakan bahwa perawatan BIS tetap dilakukan dengan baik secara terus-menerus hingga menemukan pihak ketiga yang tertarik mengelolas BIS.

"Makanya sekarang sedang proses untuk negosiasi ke pihak ketiga juga. Kalo kondisi stadionnya masih bagus sekali kan enak gitu ya. Beda kalo nanti kondisinya sudah harus banyak perbaikan posisikan negosiasinya kurang bagus," kata Al Muktabar yang pada 19 Mei 2023 yang dikutip dari INFORADAR.ID pada 20 Juli 2021.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube agrozine id