Atasi Rasa Bosan saat Belajar dengan Mengikuti Tips Berikut

Atasi Rasa Bosan saat Belajar dengan Mengikuti Tips Berikut

Potret seseorang yang bosan ketika belajar --sumber & design freepik

INFORADAR.ID - Sebagai seorang pelajar atau pelajar, wajar jika kamu mulai merasa bosan ketika belajar. Apalagi, kalau kamu cenderung moody dan gak setuju mengikuti naik turunnya moodmu untuk belajar.

Banyak faktor yang menyebabkan rasa bosen ketika belajar. Bukan itu dari diri sendiri atau dari lingkungan sekitar.

Munculnya rasa bosan saat belajar tentu bukan hal yang diharapkan. Namun, rasa bosan itu seringkali muncul di tengah-tengah proses belajar. 

Tapi sekarang kamu gaperlu khawatir lagi, karena disini ada 4 tips supaya kamu ga mudah bosan ketika belajar. 

1. Tetapkan target dan tujuan 

Cara belajar yang pertama dimulai dengan menetapkan tujuan atau target. Misalnya tujuanmu belajar adalah untuk memasuki perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dengan memasuki perguruan tinggi tersebut, kamu harus memiliki nilai yang tentunya mumpuni. 

Menentukan tujuan bisa menjadi sebuah motivasi jika kamu mulai merasa kehilangan minat untuk belajar. Memiliki tujuan yang jelas membantu Anda tetap fokus dan konsisten selama proses belajar. 

BACA JUGA:Kenali 4 Trik Belajar Efektif yang Wajib Kamu Coba

2. Ciptakan suasana belajar yang nyaman 

Ciptakan suasana belajar yang nyaman agar kamu tetap fokus dalam belajar. Beberapa orang terbiasa dengan suasana yang sepi dan tidak banyak gangguan, maka kamu bisa belajar di perpustakaan ataupun kafe yang tenang.

Tetapi, ada juga seseorang yang belajar lebih cepat terserap jika sambil mendengarkan musik. Semua itu tergantung dirimu, kenali dirimu dan ciptakan suasana belajar senyaman mungkin.

3. Pahami tidak menghapal Saat belajar

informasi yang akan diterima menjadi sangat beragam. Di saat kita nyaman, kita akan membutuhkan kemampuan untuk mengklasifikasikan informasi tersebut menjadi beberapa bagian. 

Jika menghafal menjadi kebiasaan saat belajar, maka kita tidak detail dalam melihat informasi tersebut dan yang diterima hanya hal yang mendasarnya saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: