Inilah Destinasi Wisata Religi di Kawasan Banten Lama, Dari Masjid Agung hingga Keraton Kaibon

Inilah Destinasi Wisata Religi di Kawasan Banten Lama, Dari Masjid Agung hingga Keraton Kaibon

Masjid Agung Banten Lama dengan payung raksasa di halaman depannya. Dalam komplek masjid ini terdapat Makam Sultan yang menjadi destinasi ziarah. Foto: M Widodo--

INFORADAR.ID --- Bagi Anda yang mau refresing, tapi tidak ingin jauh-jauh, ada beberapa pilihan destinasi wisata di Kawasan Banten Lama, Kota Serang yang wajib Anda tahu dan kunjungi. 

Selain ke Masjid Agung Banten Lama dengan wisata religinya berziarah ke Makam Sultan, ada puluhan destinasi wisata lainnya di Kawasan Banten Lama yang dapat dikunjungi.

Selama ini, Kawasan Wisata Banten Lama hanya identik dengan ziarah ke Makam Sultan, Keraton Surosowan, Keraton Kaibon dan Benteng Speelwijk.

Ternyata ada beberapa destinasi atau situs lainnya yang juga menarik lho.

Letaknya tidak begitu jauh dari pusat kekuasaan, Keraton Surosowan. Situs-situs wisata tersebut juga masuk sebagai benda cagar budaya.

"Sebelumnya yang melakukan ekskavasi adalah Balai Cagar Budaya. Hanya saja, saat ini pengelolaannya ada yang dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, merujuk pada UU No 11 Tahun 2010," kata Didit, ASN pada Balai Cagar Budaya Serang.

Dilansir dari RADARBANTEN.CO.ID, berikut ini destinasi wisata di Kawasan Banten Lama dan sekitarnya:

Masjid Agung Banten Lama, Kasemen

Masjid Agung ini mulai didirikan pada Tahun 1556, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin, Sultan Banten pertama. Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia. Setiap harinya, terutama akhir pekan, didatangi ribuan peziarah. Mereka bukan saja datang dari Banten, tapi juga dari Jawa Barat dan Jabotabek dan daerah lain, baik dari Pulau Jawa maupun luar pulau. 

Nah, di samping Masjid Agung terdapat makam Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, makam Sultan Ageng Tirtayasa, dan Sultan Abu Nasir Abdul Qohhar yang banyak diziarahi masyarakat.


Para penggowes pose bersama di gerbang Keraton Surosowan, Banten Lama. Foto: M Widodo--

Keraton Surosowan 

Keraton Surosowan merupakan peninggalan Kesultanan Banten yang didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin (Tahun 1526 – 1570). Yaitu Sultan yang memerintah Kesultanan Banten pertama. Sayangnya, bangunan yang dulu merupakan pusat Kerajaan Banten ini, sekarang sudah tidak utuh lagi. Namun, bekas pondasinya yang berupa batu karang masih terlihat jelas, kokoh dan tebal. 


Penggowes asal SCC foto di bagian dalam Benteng Speelwijk, Kawasan Wisata Banten Lama. Foto: M Widodo--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: