Yuk, Mengenal 10 Geopark di Indonesia yang Sudah Diakui Unesco

Yuk, Mengenal 10 Geopark di Indonesia yang Sudah Diakui Unesco

10 geopark di Indonesia sudah diakui oleh Unesco. Grafis: Laman IndonesiaBaikId -----

Masuk sebagai Unesco Global Geopraks pada tahun 2018. Geopark Gunung Rinjani memiliki keragaman flora dan fauna yang sebagian besar merupakan endemik.

6. DANAU TOBA

Geopark Danau Toba terletak di Provinsi Sumatera Utara. Tepatnya dinamakan Kaldera Toba, namun lebih dikenal sebagai Danau Toba. Ditetapkan sebagai Unesco Global Geoparks pada sidang ke 209 Dewan Eksekutif Unesco di Paris, Perancis pada 2 Juli 2020. 

7. IJEN

Geopark Ijen terletak di dua wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Dilansir dari Geopark Ijen, nama Ijen diambil dari Gunung Ijen.

Saat ini Geopark Ijen memiliki 21 situs geologi yang dikembangkan di Ijen, mulai dari skala lokal hingga skala nasional dan internasional.

8. MAROS PANGKEP 

Maros Pangkep telah dimasukkan sebagai Unesco Global Geopraks pada tahun 2017.

Geopark Maros Pangkep yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki kawasan seluas 75.931 hektar. Terdiri atas geologi (geodiversity) biologi (biodiversity) dan kebudayaan (culturaldiversity). 

9. MERANGIN JAMBI

Geopark Merangin Jambi ini terletak di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Pemberap, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Geoparks ini memiliki daya tarik berupa fosil flora yang umurnya diperkirakan telah mencapai 350 juta tahun. 

10. RAJA AMPAT

Geopark Raja Ampat terdiri dari gugusan kepulauan karst yang terletak tepat di garis khatulistiwa. Keunikan geologisnya masuk dalam skala internasional, dengan penemuan batuan tertua yang terungkap di dunia, yakni berusia sekitar 439 - 360 juta tahun yang terletak di Pulau Misool. 

 

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: