Yuk, Mengenal 10 Geopark di Indonesia yang Sudah Diakui Unesco

Yuk, Mengenal 10 Geopark di Indonesia yang Sudah Diakui Unesco

10 geopark di Indonesia sudah diakui oleh Unesco. Grafis: Laman IndonesiaBaikId -----

INFORADAR.ID --- Setidaknya sudah ada 10 geopark di Indonesia yang diakui sebagai kawasan geopark dunia karena keunikan geologis, biologis dan budayanya oleh Unesco. 

Empat di antaranya ditetapkan oleh Unesco belum lama ini ke dalam jaringan Unesco Global Geoparks melalui keputusan Sidang Dewan Eksekutif Unesco ke 216 di Paris, Perancis, pada Rabu, 24 Mei 2023 lalu. 

Dilansir dari laman IndonesiaBaik.Id, berikut ini 10 geopark di Indonesia yang telah dinobatkan sebagai Unesco Global Geoparks:

1. BATUR 

Batur adalah geopark pertama di Indonesia yang ditetapkan oleh Geopraks Global Geoparks pada tahun 2012. Di Geopark Batur ini terdapat 21 situs warisan alam yang tersebar di Kecamatan Kintamani dan Kabupaten Batur. 

2. CILETUH 

Kawasan Geopark Ciletuh yang terketak di Sukabumi, Jawa Barat ini ditetapkan sebagai warisan dunia Unesco pada tahun 2018. Geopark ini meliputi hamparan aluvial dengan bebatuan unik dan pemandangan alam yang sangat indah.

Tidak hanyak itu, di Geopark Ciletuh ini juga memiliki pantai dengan ombak yang disukai oleh para peselancar mancanegara.

3. BELITONG

Provinsi Bangka Belitung memiliki geopark, namanya Geopark Belitong. Geoparks ini merupakan bagian dari Provinsi Bangka Belitung, terletak sekitar 400 kilometer di sebelah utara Jakarta. Dan dikelilingi oleh Selat Karimata di sebelah utara, Pulau Jawa di sebelah timur dan selatan serta Selat Gaspar di sebelah barat. 

4. PEGUNUNGAN SEWU

Situs geopark Pegunungan Sewu ini terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Diakui oleh Unesco Global Geoparks pada tahun 2015.

Terdapat berbagai peninggalan budaya paleolitikum-neolitikum. Jika ditotal, pada Geopark Pegunungan Sewu ini terdapat 33 situs warisan alam yang tersebar di Kabupaten Gunung Kidul (13 geosite), Kabupaten Wonogiri (7 geosite) dan di Kabupaten Pacitan (13 geosite)

5. GEOPARKS GUNUNG RINJANI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: