12 Nelayan Indonesia yang Terdampar di Australia Dijemput TNI AL

12 Nelayan Indonesia yang Terdampar di Australia Dijemput TNI AL

Sebanyak 12 ABK kapal nelayan Indonesia yang terdampar di perairan Australia dijemput oleh Tim TNI AL. Foto: Laman FB Puspen TNI--

Selanjutnya, Pemerintah Australia melalui JRCC Australia, meminta pertemuan dan ekspatriasi ke 12 nelayan tersebut dengan Kapal Pemerintah Indonesia yaitu KN Pulau Nipah (Bakamla RI) di perairan perbatasan Indonesia-Australia pada koordinat 10° 48' 00" S - 123° 49' 00" T. 

 

Kemudian, Tim Pangkalan TNI AL Pulau Rote melakukan penjemputan dipimpin oleh Letda Lamek untuk menuju ke perairan Papela, Rote Timur pada koordinat 10° 34' 50.36" S -123° 30' 16" T.

 

Setibanya di Dermaga Papela, Kecamatan Rote Timur, ke 12 nelayan tersebut disambut oleh Komandan Pangkalan TNI AL Pulau Rote Letkol Mar Nikodemus Balla, didampingi oleh Kepala Pos SAR Wilker Rote Ndao Bapak Aditya Utama. 

 

Dari Dermaga Papela, selanjutnya menuju Pos TNI AL Papela untuk dilaksanakannya pengarahan dan pengecekan kesehatan kepada ke-12 nelayan serta dinyatakan sehat. 

 

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Pangkalan TNI AL Pulau Rote Letkol Mar Nikodemus Balla meminta kepada seluruh nelayan untuk tidak melaut apabila sedang terjadi cuaca buruk. 

 

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menekankan kepada seluruh jajaran TNI AL untuk selalu merespon cepat kondisi kedaruratan khususnya yang dialami oleh masyarakat. "Jadi saya minta prajurit Jalasena itu harus senantiasa menjaga kesiapsiagaan, terlebih saat masyarakat membutuhkan kehadiran unsur maupun personel TNI AL", tandas Kasal. 

 

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: