Panduan bagi Pemudik Lebaran 2023, BNPB Keluarkan Peta Mudik Aman Bencana

Panduan bagi Pemudik Lebaran 2023, BNPB Keluarkan Peta Mudik Aman Bencana

Seorang petugas memaparkan peta mudik aman yang dirilis BNPB. Foto: Laman FB BNPB -----

Peta mudik tersebut disajikan menggunakan data dari inaRISK, sedangkan data kejadian bencana bersumber dari Bidang Pusat Data dan Sistem informasi BNPB.

 

Adapun penyajian peta bahaya menggunakan skala 1 : 250.000 dan informasi tentang kejadian bencana yang ditampilkan merupakan agregat pada tiap kabupaten atau kota sehingga diperlukan kebijaksanaan dalam membaca informasi yang tersedia. 

 

Masyarakat yang ingin mengetahui dapat mengakses peta mudik aman bencana melalui tautan https://gis.bnpb.go.id/. Adapun informasi yang teridentifikasi pada peta digital tersebut mencakup wilayah Pulau Sumatra, Jawa dan Bali.

 

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto telah menyampaikan upaya strategis pada Rapat Koordinasi Persiapan Menghadapi Idul Fitri 1444 H dan langkah antisipasinya. Selain dengan peta mudik yang aman bencana ini, BNPB bersiaga dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi basah, seperti banjir, tanah longsor dan cuaca ekstrem. 

 

Sedangkan untuk bahaya hidrometeorologi kering, seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla), BNPB menyiagakan personel dan peralatan, termasuk helikopter. 

 

BNPB juga telah menyiapkan total 46 helikopter untuk penanganan karhutla pada 6 provinsi prioritas, yaitu Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Selain itu, BNPB juga akan menyiapkan Teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk upaya pencegahan karhutla. 

 

 

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: