Panduan bagi Pemudik Lebaran 2023, BNPB Keluarkan Peta Mudik Aman Bencana

Panduan bagi Pemudik Lebaran 2023, BNPB Keluarkan Peta Mudik Aman Bencana

Seorang petugas memaparkan peta mudik aman yang dirilis BNPB. Foto: Laman FB BNPB -----

INFORADAR.ID --- Bagi Anda yang bakal melakukan perjalanan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 melalui jalur darat, ada baiknya memperhatikan adanya potensi bencana pada jalur perjalanan atau daerah yang dilewati.

 

Daerah-daerah yang berpotensi rawan bencana tersebut telah diidentifikasikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai panduan bagi pemudik Lebaran Idul Fitri 2023

 

Bahkan, BNPB telah meluncurkan peta mudik Lebaran 2023 aman bencana. Hal ini untuk membantu masyarakat untuk mengidentifikasi potensi bahaya selama melakukan mudik lebaran dengan perjalanan darat. 

 

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengemukakan, terdapat potensi terjadi bencana hidrometeorologi basah dan kering saat periode mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023.

 

Untuk itu, kata jenderal bintang tiga tersrbut, pada saat arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2023, BNPB bakal menyiapkan langkah-langkah strategis untuk meminimalisir kerugian moril dan materiil akibat kejadian bencana 

 

Peta mudik aman bencana yang dirilis BNPB ini menyajikan informasi tingkat bahaya banjir, cuaca ekstrem dan tanah longsor pada jalur atau wilayah yang dilalui oleh para pemudik jalur darat.

 

Selain itu, dengan adanya peta mudik, warga mengetahuai informasi frekuensi kejadian bencana yang pernah terjadi di wilayah teridentifikasi. Melalui peta mudik ini, BNPB mengharapkan para pemudik lebih siap dalam merencanakan perjalanan pulang kampung dengan aman. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: