Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, PUPR Bangun Kantong Parkir di Tepi Situ Rawa Arum Cilegon

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, PUPR Bangun Kantong Parkir di Tepi Situ Rawa Arum Cilegon

Pj Sekda Provinsi Banten Tranggono (kiri/menghadap lensa) dan Walikota Cilegon Helldy Agustian (dua dari kiri) serta Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi di Pelabuhan Merak. Foto: Bayu--

Kata Sekda, Pemprov semula merencakan, kantong parkir tersebut untul menambah pendapatan asli daerah (PAD).

 

Maka konsepnya 70 persen untuk fasilitas gedung dan 30 persen fasilitas parkir. Nah, karena adanya perbedaan kepentingan tersebut, akhirnya diambil alih oleh Kementerian PUPR. 

 

"Awalnya Pemprov Banten yang akan membangun dengan harapan sebagai tambahan PAD (Pendapatan Asli Daerah), konsepnya 70 untuk fasilitas gedung dan lain, 30 persen untuk parkir," ujar Tranggono di Pelabuhan Merak, Senin, 6 Maret 2023.

 

Namun, karena kepentingan pemerintah pusat menginginkan lokasi tersebut sebagai buffer zone, sehingga area untuk kepentingan kantong parkir harus lebih luas dari fasilitas penunjang.

 

"Jadi karena untuk menunjang aktivitas di Pelabuhan Merak, inginnya 70 persen kantong parkir 30 persennya utilitas," kata Tranggono.

 

Atas dasar pertimbangan itulah pembangunan kantong parkir akan dilakukan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR, sedangkan Pemprov Banten hanya sebagai fasilitator.

 

Untuk kepentingan arus mudik lebaran tahun ini, rencananya proses pengurugan akan segera dilakukan. Untuk sementara dibangun hanya sekadar memenuhi kebutuhan parkir kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak.

 

Sementara itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian mendukung rencana pembangunan kantong parkir itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: