Berhasil Dievakuasi, Kapolri Pastikan Helikopter yang Bawa Rombongan Kapolda Jambi Layak Terbang

Berhasil Dievakuasi, Kapolri Pastikan Helikopter yang Bawa Rombongan Kapolda Jambi Layak Terbang

Evakuasi Kapolda Jambi bikin deg-degan, dilakukan Prajurit TNI Batalyon Komando 462 Kopasgat Pekanbaru. Foto: Tangkapan layar jambiindependent.co.id -----

INFORADAR.ID --- Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono dan rombongan yang berjumlah 8 orang sudah berhasil dievakuasi dan kini 6 diantaranya dalam perawatan di RS Bhayangkara. Sedangkan 2 orang masih dirawat di Posko Merangin.

Helikopter yang membawa rombongan Kapolda terpaksa mendarat darurat di kawasan hutan Kerinci, tepatnya di perbukitan Tamiai, Muara Empat, Kabupaten Kerinci karena faktor cuaca. 

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi berikut rombongan dalam kondisi baik dan layak terbang. 

"Jadi secara peralatan, heli yang digunakan oleh Kapolda Jambi dan rombongan dalam kondisi baik," kata Kapolri dalam konferensi pers di Jambi, Selasa, 21 Februari 2023 sore, sebagaimana dikutip inforadar.id dari laman PMJ News. 

Jenderal Listyo Sigit menegaskan pendaratan darurat dilakukan karena semata-mata faktor cuaca yang buruk. Pihaknya memastikan melakukan pengecekan rutin terhadap aset Polri. 

"Hanya saja, karena cuaca waktu itu buruk, maka terpaksa dilakukan pendaratan darurat," kata mantan Kabareskrim Polri ini.

"Jadi total ada 8 orang yang mengalami kecelakaan, pendaratan darurat, hari ini ini semuanya bisa dievakuasi," lanjutnya.

Listyo Sigit menambahkan, proses evakuasi delapan korban dilakukan oleh Tim SAR Gabungan. Polri setidaknya menyiagakan enam helikopter untuk melakukan evakuasi

Mantan Kapolres Surakarta itu juga mengungkapkan saat ini seluruh korban telah mendapatkan penanganan lanjutan di rumah sakit (RS) maupun di Posko Kabupaten Merangin, Jambi.

Pada kesempatan itu, Kapolri juga menyampaikan dirinya sudah bertemu Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono. Dia menyebut kondisi Rusdi dalam keadaan stabil.

"Saya bertemu tadi dengan Kapolda Jambi yang baru saja mendarat, kondisinya masih sadar, cukup stabil, saya berbincang dengan beliau, sedang dibawa ke RS Bhayangkara," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Sigit juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam proses evakuasi kedelapan penumpang helikopter tersebut.

"Saya selaku pimpinan Polri mengucapkan terima kasih atas kerja keras seluruh tim yang tergabung dalam kegiatan evakuasi penyelamatan baik SAR darat, SAR udara, masyarakat sekitar yang juga begitu luar biasa membantu tim," pungkas Kapolri. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jambi-independent.co.id