Datangkan Wisatawan Asing, Indonesia Gelar Even Olahraga Bertaraf Internasional

Datangkan Wisatawan Asing, Indonesia Gelar Even Olahraga Bertaraf Internasional

Menparekraf Sandiaga Uno Foto: --- Tangkapan layar laman setkab.go.id -----

“Jadi ini betul-betul akan kita hitung secara cermat agar anggaran ini akan dikeluarkan tepat sasaran dan tepat manfaat,” ucapnya.

Menparekraf memperkirakan, penyelenggaraan wisata berbasis olahraga ini akan mendatangkan wisatawan hingga 100-120 ribu. Namun, angka tersebut masih akan terus bergerak tergantung dari jumlah pertandingan yang akan digelar.

“Devisa yang diterima diperkirakan angkanya di 5,9 miliar dolar AS secara keseluruhan. Dari sport tourism ini kita targetkan mungkin bisa mendapat sampai dengan 500 juta Dolar AS,” ungkap Sandi.

Ajang lainnya adalah ANOC World Beach Games yang akan digelar di Bali pada bulan Agustus mendatang. Ajang tersebut akan mengundang 205 negara di dunia dan diharapkan dapat mempercepat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Selain penyelenggaraan wisata berbasis olahraga, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah ASEAN Tourism Forum. Sandi menyebut telah menyampaikan undangan kepada Presiden Jokowi untuk membuka secara langsung acara yang akan digelar pada tanggal 3 Februari 2023 mendatang di Yogyakarta. Menurut Sandi, persiapan ajang yang membahas isu dan potensi pariwisata di kawasan ASEAN tersebut telah mencapai 97 persen.

“Kami semua sudah rampungkan persiapannya, hampir semua menteri akan hadir dan kita harapkan ini akan menyumbangkan dampak ekonomi sekitar 100 juta Dolar [AS] untuk kepulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan destinasi super prioritas Borobudur,” tandasnya. 

 

Editor: M Widodo

 

Sumber: https://setkab.go.id/sandiaga-optimistis-gelaran-ajang-olahraga-internasional-tingkatkan-kunjungan-wisman/

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: