Jika Diminta, Polri Siap Bantu Pengamanan KPK Usai Penangkapan Lukas Enembe

Jika Diminta, Polri Siap Bantu Pengamanan KPK Usai Penangkapan Lukas Enembe

Gubernur Papua Lukas Enembe diamankan dan dibawa KPK ke Jakarta. Foto: --- PMJ News/Istimewa-----

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Gubernur Papua Lukas Enembe ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa, 10 Januari 2023 di Kotaraja, Jayapura.

Berdasarkan informasi, Lukas Enembe ditangkap saat tengah makan siang di daerah Kotaraja, Jayapura. Dia kemudian dibawa ke Mako Brimob Kotaraja, Papua.

KPK menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi sejumlah proyek infrastruktur. Saat ini Lukas dibawa ke Jakarta untuk proses selanjutnya.

Terkait penangkapan ini, Polri menyatakan kesiapan untuk membantu proses pengamanan apabila memang ada permintaan langsung dari KPK.

‘Ya (Polri siap), nanti nunggu permintaan dari KPK,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo saat dihubungi, Selasa, 10 Januari 2023. 

“Polri pasti akan back up pengamanan bila diperlukan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Gubernur Papua Lukas Enembe. Sebelumnya, lembaga anti rasuah ini telah menetapkan lukas sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek infrastruktur.

“Informasi yang saya dapat adalah KPK yang melakukan penangkapan,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Selasa, 10 Januari 2023. 

Berdasarkan informasi, Lukas Enembe ditangkap saat tengah makan siang di daerah Kotaraja, Jayapura. Dia kemudian dibawa ke Mako Brimob Kotaraja Papua.

Terpisah, Kuasa Hukum Lukas Enembe, Aloysius Renwarin membenarkan soal penangkapan kliennya. Dia menduga Gubernur Papua itu langsung diterbangkan ke Jakarta.

“Sudah diterbangkan ke Jakarta, kemungkinan dibawa ke Gedung Merah Putih,” ucap Aloysius.

PEMERIKSAAN KESEHATAN 

Diperoleh informasi, sesampsmainya di Jakarta, Lukas Enembe akan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat sebelum divawa ke Gedung KPK.

Lukas Enembe sendiri diterbangkan dari Jayapura menuju Jakarta dan transit terlebih dahulu di Manado. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: