Libatkan 16 Penyelam TNI AL, Truk Semen yang Jatuh di Pelabuhan Merak Berhasil Diangkat

Libatkan 16 Penyelam TNI AL, Truk Semen yang Jatuh di Pelabuhan Merak Berhasil Diangkat

Bangkai truk semen yang jatuh di Dermaga 5, Pelabuhan Merak, berhasil diangkat dengan melibatkan 16 penyelam TNI AL, Rabu, 4 Januari 2022.-Bayu Mulyanan/Radar Banten-

CILEGON, INFORADAR.ID --- Truk bermuatan semen yang jatuh di Dermaga Lima Pelabuhan Merak pada 28 Desember 2022 lalu berhasil diangkat dari dalam laut.

Sebanyak 16 orang personel Penyelam TNI AL dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada l dipimpin langsung Kadislambair Koarmada I Kolonel Laut (KH) Ahmad Fauzi berhasil mengevakuasi truk pada Rabu, 4 Januari 2023.

Sebelum truk diangkat, diawali survey posisi dan kondisi truk yang jatuh ke laut, memasang pelampung tanda, pembongkaran material semen di bak truk, penyepetan/pembersihan lumpur yang menutupi badan truk.

Dilanjutkan dengan pemasangan belting di 3 titik, sasis bawah kemudi, sasis samping roda kanan depan dan sasis samping roda kanan belakang kemudian truk diangkat menggunakan ALB (Air Lifting Bag).

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin menjelaskan, upaya evakuasi dilakukan oleh Dinas Penyelematan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada 1 selama lima hari.

"Alhamdullilah seperti yang rekan rekan lihat sekarang, untuk posisi truk sudah ada di darat, nanti akan dilanjutkan oleh ASDP evakuasi di darat," ujarnya.

Dedi bersyukur tidak ada insiden selama proses evakuasi dilakukan. Semua personel yang dikerahkan dalam keadaan sehat dan selamat.

Disinggung terkait kendala selama proses evakuasi, menurutnya kondisi cuaca yang kurang bersahabat menjadi kendala.

Kemudian, kendala lainnya adalah jarak pandang atau visibility di dalam laut yang kurang baik.

"Visibiliti di bawah yang disampaikan tim penyelam, hanya satu jengkal. Tapi alhamdullilah dengan skil yang dimiliki, upaya tersebut bisa teratasi dan truk bisa kita angkat," ujarnya.

Dikatakan Dedi, bak truk tidak ikut diangkat ke permukaan karena diperkirakan sudah hancur, kemudian tidak terlalu signifikan dan tidak berbahaya untuk proses manuver kapal di Dermaga tersebut.

"Ukuran bak truk hanya dua meter sedangkan kedalaman laut di dermaga lima mencapai 10 meter," tuturnya.

Dermaga 5, Pelabuhan Merak pun kini sudah bisa kembali dioperasikan kembali paska truk tersebut berhasil dievakuasi ke daratan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bangkai truk tersebut saat ini sudah dievakuasi oleh tim derek dari ASPD Cabang Merak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: