DPUPR Perbaiki Jalan Rangkasbitung -- Baduy yang Ambles, (Sementara) Diurug Bebatuan

DPUPR Perbaiki Jalan Rangkasbitung -- Baduy yang Ambles, (Sementara) Diurug Bebatuan

Tim DPUPR Lebak turun tangan menanggani titik jalan ambles di Cimarga. Foto: Polsek Cimarga for Radar Banten--

LEBAK, INFORADAR.ID --- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak langsung bergerak cepat turun ke jalan Rangkasbitung-Leuwidamar di Janglapa, Desa Sangkanmanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Selasa, 3 Januari 2022 siang. 

Untuk sementara badan jalan yang amblas diurug sementara dengan bebatuan agar dapat segera dilewati kendaraan. 

Mereka turun dengan membawa berbagai peralatan untuk menanggani jalan akses utama menuju wisata Baduy yang ambles sepanjang 15 meter itu.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Lebak, Hamdan Soleh melalui stafnya Deden Eko mengatakan, penanganan sementara akan dilakukan dengan cara menimbun kembali jalan itu dengan material bebatuan.

"Tim sudah turun tangan, dan materialnya sendiri sudah dikirimkan ke lokasi," kata Deden Eko, selaku staf pada Bidang Pemeliharaan DPUPR Lebak Selasa, 3 Januari 2022.

Eko mengatakan, amblesnya jalan itu terjadi pada Selasa dini hari. Namun, jalan itu diketahui sebelumnya sudah ambles sejak lama. Hal itu disebabkan oleh lokasi ruas jalan itu yang berada di sisi sungai.

"Jalan itu mungkin sudah 100 kali kita timbun, dan 2 kali kita beronjong. Tapi tetap, timbunan dan beronjongnya hilang karena tanah terus turun ke bawah," katanya.

Untuk solusi permanennya, kata Eko, jalan itu harus di relokasi menginggat kondisi tanah yang terus turun ke bawah sungai. Namun lebih jauhnya, DPUPR akan melakukan pengkajian terlebih dahulu.

"Kita akan lakukan pengkajian, karena jika direlokasi itu nantinya akan memakan tanah milik warga. Sehingga perlu adanya pengkajian juga rekomendasi dari konsultan dulu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: