Jalan Amblas 15 Meter, Akses Jalan Utama ke Baduy Terputus

Jalan Amblas 15 Meter, Akses Jalan Utama ke Baduy Terputus

Jalan Rangkasbitung-Leuwidamar di Janglapa, Desa Sangkanmanik, Kecamatan Cimarga, amblas, Selasa 3 Januari 2023. Foto: --- Kiriman warga-----

LEBAK, INFORADAR.ID --- Giliran Jalan Ranglasbitung-Leuwidamar di Janglapa, Desa Sangkanmanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, ambles sepanjang 15 meter lebih dan kedalaman setengah meter.

Akibatnya, akses jalan utama menuju destinasi wisata unggulan Saba Budaya Baduy terputus.

Sebelumnya dilaporkan, pada Selasa, 3 Januari 2023 pagi ini diberitakan, ruas Jalan Rangkasbitung - Malingping longsor di Blok Curahen, Desa Sukanegara, Kecamatan Gunung Kencana, Kabupaten Lebak terjadi longsor. 

Kemudian Jalan Raya Picung - Munjul di Kampung Angsana, Desa Ciodeng, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang terjadi amblas hingga mencapai 100 meter lebih. 

Vian, warga Janglapa mengatakan, jalan amblas di Janglapa terjadi pada Selasa (3/1) dini hari. Kondisi tersebut akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Cimarga dan sekitarnya. Sehingga kontur tanah menjadi labil dan menyebabkan tanah menjadi amblas.

"Iya, jalan kabupaten menuju Baduy amblas. Sekarang akses utama ke Baduy terputus, karena jalan tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat," kata Vian, Selasa 3 Januati 2023.

Vian mengungkap, lalu lintas dari arah Rangkasbitung menuju Leuwidamar tersendat. Bahkan, banyak kendaraan yang putar arah untuk mencari jalan alternatif.

"Kalau sepeda motor masih bisa melintas. Tapi, untuk kendaraan roda empat enggak bisa," tegasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizki Pratama membenarkan, Jalan Rangkasbitung-Leuwidamar di Cimarga ambles. Karena itu, masyarakat atau pun wisatawan yang akan ke Baduy diarahkan melalui jalan alternatif, yakni via Aweh - Cikapek.

"Untuk jalan amblas, kita sudah koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lebak. Sekarang, kita terjunkan alat berat ke lokasi untuk penanganan jalan amblas. Harapannya, secepatnya bisa dilalui kembali kendaraan roda empat," harapnya.

 

Reporter: Mastur

Editor: M Widodo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: