Canggih, Presiden Jokowi Naik Kereta Tanpa Masinis

Canggih, Presiden Jokowi Naik Kereta Tanpa Masinis

Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri menaiki kereta LRT tanpa masinis/Tangkapan Layar Situs Resmi Presiden RI/--

INFORADAR.ID - Presiden Jokowi menjajal menaiki gerbong Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek tanpa ada masinis, Senin 26 Desember 2022.

Presiden Jokowi menjajal proyek LRT Jabodebek bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Rangkaian kereta LRT yang membawa Presiden dan rombongan terbatas berangkat pukul 08.16 WIB, dan tiba di Stasiun TMII pukul 08.28 WIB.

Jarak tempuh kurang lebih sepanjang 9 kilometer tersebut ditempuh selama 12 menit dengan kecepatan kereta 80 kilometer per jam.

Menurut Presiden Jokowi, kereta LRT yang ditumpanginya sangat cepat.

"Sangat cepat sekali dan tanpa masinis. Yang kita senang, kita bangga adalah kereta ini buatan INKA," katanya, dikutip INFORADAR.ID dari situs resmi Presiden RI, Senin 26 Desember 2022.

Jokowi sangat mengapresiasi proyek kereta LRT Jabodebek yang merupakan hasil karya anak bangsa. Semuanya buatan INKA, termasuk sistem tanpa masinisnya semuanya dari INKA.

"Saat ini progres kereta LRT Jabodebek telah mencapai 87 persen. Namun, masih ada beberapa hal yang harus dirampungkan agar dapat beroperasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan," katanya.

Mulai dari pengerjaan depo hingga sinkronisasi sistem. Diharapkan pertengahan tahun 2023 sudah selesai.

"Kita harapkan nanti bulan Juni, Juli 2023 sudah bisa beroperasi. Berbarengan nanti dengan kereta cepat,” katanya.

Jokowi mengungkapkan, saat dirinya menaiki kereta selama perjalanan terasa nyaman. Namun memang masih mendengar sedikit suara saat LRT berada pada lintasan berbelok.

"Naik LRT nyaman, cepat dan tidak berisik. Hanya memang ada berisik pas belokan aja," katanya. (*)

 

Reporter : Purnama Irawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: