Realisasi KUR Rp352,18 Triliun, Menko Airlangga Sebut Pinjam Rp100 Juta di Bank Himbara Tanpa Agunan

Realisasi KUR Rp352,18 Triliun, Menko Airlangga Sebut Pinjam Rp100 Juta di Bank Himbara Tanpa Agunan

Menko Airlangga Hartarto berfoto bersama dengan penerima KUR saat melakukan kunjungan kerja di Kota Medan-Situs Menkopereonomian-

INFORADAR.ID-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara nasional sudah mencapai 94,37 persen atau Rp352,18 triliun dari target 2022. Data tersebut terhitung sampai 19 Desember 2022.

 

Menurut Menko Airlangga, realisasi penyaluran KUR nasional sudah tinggi, yakni 94,37 persen.

 

"Atau senilai Rp352,18 triliun yang telah diberikan kepada 7,34 juta debitur. Terdiri dari  penyaluran KUR sektor produksi 56,5 persen dan sektor non produksi (perdagangan) 43,5 persen," kata Airlangga dikutip INFORADAR.ID dari situs resmi Menko Bidang Perekonomian, Senin 26 Desember 2022.

 

Plafon KUR  yang disalurkan di kisaran Rp50 juta sampai Rp500 juta. Dari beberapa penyalur KUR, seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BSI. Kegiatan penyaluran KUR ini dilaksanakan untuk mendorong UMKM dalam mendapatkan pembiayaan yang mudah dan terjangkau.

 

“KUR tersedia di beberapa bank penyalur KUR. Kredit yang super mikro sampai Rp10 juta bunganya hanya 3 persen per tahun, KUR yang Rp10 juta-Rp100 juta tidak pakai agunan dan bunganya 6 persen per tahun. Sementara yang Rp100 juta-Rp500 juta diminta agunan tambahan dan bunganya juga 6 persen,” katanya saat melakukan kunjungan di Kota Medan.

 

Dalam kesempatan itu, Menko Airlangga juga menyerahkan Paket Sembako kepada petugas keamanan, petugas kebersihan, penjaga toilet, dan juru parkir di pasar Kota Medan. Selain itu, juga diadakan pasar murah atas kerja sama antara PUD Pasar Medan, Bulog, dan PT Pilar Grup Indonesia.

 

"Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok menjelang Nataru. Kalau dari hasil peninjauan pasar, harga semuanya stabil, beras dan minyak goreng juga tersedia,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: