Kendalikan Banjir Jakarta, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kering di Kabupaten Bogor

Kendalikan Banjir Jakarta, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kering di Kabupaten Bogor

--

INFORADAR.ID - Presiden Joko Widodo meresmikan dua bendungan kering (dry dam) di Ciawi dan Sukamahi Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat, 23 Desember 2022. 

 

Bendungan kering yang diresmikan Presiden Jokowi senilai Rp1,3 Triliun memiliki kapasitas daya tampung air kurang lebih 7,6 juta meter kubik. 

 

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Bendungan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat pada pagi hari ini saya nyatakan diresmikan. Kedua bendungan ini akan mendukung pengendalian banjir di Jakarta," katanya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang dikutip INFORADAR.ID, dari situs resmi Sekretariat Presiden, Sabtu (24/12).

 

Menurut Jokowi, problem besar DKI Jakarta sejak dulu adalah tiga hal. Pertama itu banjir, macet, dan tata ruang. 

"Sekarang kita di sini akan berbicara mengenai urusan banjir. Dalam upaya pengendalian banjir di DKI Jakarta pentingnya konsistensi dalam menyelesaikan tiga hal," katanya.

 

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, tiga hal itu yang pertama melakukan normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta. Kedua, manajemen pemompaan yang ada di waduk-waduk yang ada di Jakarta. 

 

"Ketiga, penyelesaian pembangunan tanggul laut juga giant sea wall. Segera selesaikan sodetan Ciliwung menuju ke Banjir Kanal Timur (BKT)," katanya.

 

Presiden optimistis, dengan konsistensi dalam menyelesaian tigal tersebut, banjir di Jakarta akan dapat teratasi. Pembangunan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi yang merupakan bendungan kering (dry dam) ini dimulai sejak tahun 2016 dengan alokasi anggaran sebesar Rp1,3 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: