Untuk Mahasiswa, Jangan hanya Fokus dengan IPK, tapi Perkuat Integritas dan Kecerdasan Emosional

Untuk Mahasiswa, Jangan hanya Fokus dengan IPK, tapi Perkuat Integritas dan Kecerdasan Emosional

Rektor UMJ saat melantik mahasiswa. Foto: Laman resmi Persyarikatan Muhammadiyah -----

JAKARTA, INFORADAR.ID – Selama ini banyak orang tua yang menuntut putra-putrinya untuk meraih Indek Prestasi Kumulatif (IPK) dalam proses formal akademik setinggi-tingginya.

Tapi IPK bukan satu-satunya patokan. Yang tidak kalah penting adalah integritas dan kecerdasan emosional. 

Sehingga jangan hanya fokus mengejar IPK. 

Integritas menurut Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ma’mun Murod didapatkan oleh mahasiswa apabila memiliki kecerdasan emosional dan spiritual. Oleh karena itu, dirinya mengingatkan mahasiswa supaya tidak larut dengan nilai IPK yang tinggi.

”Intelektual harus dibarengi dengan kecerdasan spiritual dan emosi, karena di Indonesia banyak yang pintar tapi tidak mengindahkan nilai keduanya, yang dimana saat ini yang menjadi urgensi adalah integritas.” ungkapnya di hadapan wisudawan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) sebagaimana dikutip dari laman resmi Persyarikatan Muhammadiyah.

Rendahnya integritas di Indonesia, ucapnya, menjadi lubang besar yang menganga dan harus segera ditambal. Maka, mahasiswa lulusan UMJ dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah secara umum harus mengisi dan menambal lubang-lubang tersebut dengan integritas, kejujuran, dan keadilan.

“Maka, lulusan UMJ harus mengisi ruang kosong yang kurang baik dengan integritas dan kejujuran, dengan mengimplementasikan keadilan baik untuk diri sendiri maupun orang lain.” imbuhnya.

Pesan yang tidak pernah lupa disampaikan oleh Ma’mun Murod adalah pandangan Islam Berkemajuan dan moderat yang harus senantiasa dipegang teguh oleh lulusan UMJ. Menurutnya, dimanapun berada mahasiswa lulusan PTM harus senantiasa berdakwah menyebarkan Islam Berkemajuan dan Moderat.

“Tetap sebarkan dakwah Islam di mana pun wisudawan bekerja, tentunya dengan dakwah Islam yang berkemajuan dan moderat,” pesan Ma’mun Murod.

Sementara itu, Sekretaris Badan Pembina Harian (BPH) UMJ Prof. Agus Suradika, menegaskan bahwa UMJ berkembang dan berjuang untuk kemajuan Indonesia, salah satunya dengan meluluskan wisudawan untuk berkontribusi di masyarakat yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam QS. Ar-Ra’d: 11.

“Mari kita bersemangat untuk merespon perkembangan zaman bersama-sama,” tambah Agus.

 

Editor: M Widodo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: