5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Jantung hingga Kontrol Diabetes

5 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan, Cegah Penyakit Jantung hingga Kontrol Diabetes

--- Tangkapan layar laman PMJ News -----

INFORADAR.ID --- Buah sukun banyak dijumpai atau dijual di pasar dengan harga cukup murah. Pohonnya banyak tumbuh dan dijumpai di sekitar kita. 

Buah sukun ini sangat cocok untuk menemani minum kopi atau teh di pagi atau sore hari. Rasanya gurih kalau digoreng dan pulen kalau dikukus. 

Tapi siapa sangka, selain nikmat dan gurih, ternyata buah sukun memiliki banyak khasiat untuk kesehatan

Dikutip dari laman PMJ News, sukun yang memiliki nama latin Artocarpus Altilis merupakan buah berbentuk bulat dan seringnya berwarna hijau. Umum buah ini diolah dengan digoreng sebelum dikonsumsi.

Manfaat sukun dipercaya mampu mengobati dan mencegah penyakit tertentu. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi seperti protein, kalium, natrium, hingga kalsium membuat buah ini kerap dijadikan obat herbal.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (18/10/2022), berikut manfaat konsumsi sukun untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Bantu Kesehatan Jantung

Sukun merupakan sumber kalium yang sangat baik. Kalium mendukung penurunan tekanan darah dalam tubuh dan mengatur detak jantung dengan meminimalkan efek natrium.

Serat makanan dalam sukun juga membantu mengurangi kolesterol dengan mencegah penyerapannya dalam usus.

Manfaat sukun bagi kesehatan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sementara meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Konsumsi sukun juga dikaitkan dengan pengurangan kadar trigliserida yang menjadi penyebab utama serangan jantung.

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Sukun bisa meningkatkan rasa kenyang tanpa harus menambah asupan kalori berlebihan. Jumlah serat yang tinggi juga mendukung kelancaran metabolisme. Tubuh yang memiliki metabolisme baik dapat terhindar dari risiko obesitas dan kenaikan berat badan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah sukun sumber potasium yang penting dalam mengatur keseimbangan cairan, mendukung gerakan kerangka dan memperlancar kontraksi otot serta menghemat kalsium dalam tubuh sehingga membantu meminimalkan kehilangan kalsium melalui urin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: