Usai Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Ma'ruf Amin Bertemu PM Jepang, Ini yang Dibahas

Usai Hadiri Pemakaman Shinzo Abe, Wapres Ma'ruf Amin Bertemu PM Jepang, Ini yang Dibahas

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin (kiri) bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida di Istana Akasaka, Senin, 26 September 2022. Foto: --- BPMI Setwapres-----

“Hal ini merupakan peran strategis yang dijalankan Indonesia dan Jepang di level internasional. Jepang sangat concern dengan keamanan dan stabilitas wilayah di Asia-Pasifik,” ujarnya.

Pada 2023 Jepang akan dipercaya memegang Keketuaan G7 dan Indonesia memegang Keketuaan ASEAN. PM Jepang mengharapkan kedua negara dapat saling mendukung dalam masing-masing forum tersebut.

“PM Jepang mengharapkan kiranya kepemimpinan Jepang dan Indonesia ini dapat berkontribusi pada tataran internasional dan regional. Untuk itu, Jepang akan memperkuat hubungan Jepang – ASEAN dan hubungan Jepang – Indonesia yang telah terjalin selama 60 tahun,” ujar Masduki.

PM Jepang juga berkomitmen untuk membahas poin-poin strategis dengan Pemerintah Indonesia agar penandatanganan IJEPA pada KTT G20 di Bali dapat terlaksana.

“PM Jepang akan menindaklanjuti kerja sama keuangan dan industri halal dengan Indonesia, melalui arahan khusus kepada Kedutaan Jepang di Indonesia untuk mempersiapkan kerja sama keuangan syariah dan industri halal,” tuturnya.

Kemudian, PM Jepang juga meyakini bahwa hubungan yang terjalin baik antara Indonesia dan Jepang ke depan akan terus meningkat.

“Pertemuan ini semakin memperkuat mitra strategis Indonesia – Jepang, baik di tataran internasional dan regional,” pungkasnya.

Turut mendampingi Wapres dalam pertemuan ini Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi. 

 

Editor: M Widodo 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: