Misi Pegasus Perancis Tiba di Jakarta, Wamenhan Akan Cari Alutsista Terbaik

Misi Pegasus Perancis Tiba di Jakarta, Wamenhan Akan Cari Alutsista Terbaik

Wamenhan M Herindra saat memberikan keterangan pers terkait niat Indonesia yang ingin memiliki alutsista terbaik, di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma , Jakarta, Senin, 12 September 2022. Foto: Laman Kemenhan RI--

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Posisi strategis Indonesia dan isu tantangan global, membuat Indonesia harus mempunyai sistem pertahanan yang kuat. Untuk itu Indonesia terus mencari alutsista yang terbaik untuk memperkuat pertahanan.

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) M. Herindra menegaskan akan mencari Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) terbaik, untuk membangun pertahanan yang kuat.

Demikian dikatakan Wamenhan saat menghadiri Upacara Misi Pegase Tahun 2022 dan VVIP Joyflight of A400M and A330 MRTT, di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin, 12 September 2022.


Ini salah satu pesawat angkut militer Perancis yang mendarat di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Jakarta. Foto: Laman Kemenhan RI--

Sebagaimana diketahui, usai mengikuti latigan Putch Black 22 di Darwin, Australia dari 17 Agustus - 10 September 2022 lalu pesawat pesawat Angkatan Udara Perancis singgah di Jakarta dalam perjalanan pulang ke negaranya. 

Pesawat pesawat itu terdiri dari tiga pesawat tempur Rafale, satu pesawat angkut militer Airbus A400M dan satu pesawat pengisi bahan bakar A330 MRTT.

Dalam perjalanan pulang, pesawat akan singgah di Indonesia dan Singapura sebagai bagian dari Misi Pegasus 2022.

Kunjungan ke Indonesia ini akan menjadi misi penting untuk memperdalam hubungan yang terbina antara angkatan udara kedua negara. Terutama dalam rangka penandatanganan kesepakatan bilateral bidang pertahanan baru-baru ini. 


Wamenhan M Herinda (dua dari kiri) sedang berjalan untuk melihat langsung pesawat Rafale Foto: Laman Kemenhan RI--

“Kemhan dan TNI AU akan melihat beberapa pesawat yang sebentar lagi akan menjadi milik kita, diantaranya Pesawat A400M dan Rafale. Ini merupakan sebuah terobosan, mengingat situasi yang berkembang saat ini, kita harus memiliki Angkatan Bersenjata yang kuat. Inilah mengapa Menhan selalu mencari solusi bagaimana memperkuat pertahanan kita. Intinya, kita akan mencari alutsista yang terbaik untuk memperkuat pertahanan”, ungkap Wamenhan M. Herindra seperti dikutip inforadar.id dari laman resmi FB Kementerian Pertahanan RI yang tayang, Senin, 12 September 2022. 

Turut menghadiri Upacara Misi Pegase Tahun 2022 dan VVIP Joyfligth of A400M and A330 MRTT ini, Ketua Delegasi Pegase 2022 Major General Stephane Groen, Duta Besar Prancis untuk Indonesia, H.E. Mr. Olivier Chambard, Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, Staf dan Delegasi Detasemen Militer Angkatan Udara Prancis, sejumlah Pejabat Kemhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan Udara.

 

Editor: M Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: