Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Ditulis Presiden Soekarno di Malam Jumat

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Ditulis Presiden Soekarno di Malam Jumat

Tulisan tangan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia oleh Soekarno-Tangkapan Layar Situs Resmi Kementerian Pendidikan-

JAKARTA,INFORADAR.ID-Naskah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia ditulis oleh Soekarno pada lembar kertas berwarna putih dari blocknote.

 

Naskah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia ditulis Soekarno, pada dini hari, Jumat tanggal 17 Agustus 1945 di rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jalan Meiji Dori, Jakarta Pusat. 

 

Saat ini nama Jalan di rumah menjadi tempat Soekarno menulis naskah Proklamasi dikenal dengan Jalan Imam Bonjol nomor 1 Jakarta Pusat. 

 

Berdasarkan situs resmi Kementerian Pendidikan, yang dikutip INFORADAR.ID, bahwa penulisan naskah dirumuskan oleh 3 orang yaitu Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ahmad Soebardjo. 

 

Tulisan pada paragraf pertama diusulkan oleh Ahmad Soebardjo, paragraf kedua merupakan usulan Mohammad Hatta. 

 

Selanjutnya naskah sudah ditulis dari hasil perumusan dimintakan persetujuan kepada peserta sidang yang seluruhnya berjumlah lebih kurang 40 orang.

 

Setelah disetujui, kemudian naskah disalin oleh Sajuti Melik menggunakan mesin tik.

Pada saat ini,  naskah Proklamasi tulisan tangan masih tersimpan rapi di Gedung Arsip Stastis, Arsip Nasional Republik Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: