Kenali Alergi Pada Tubuh, Salah-salah Bisa Mengancam Jiwa Lho!

Kenali Alergi Pada Tubuh, Salah-salah Bisa Mengancam Jiwa Lho!

-INET-

INFORADAR.ID – Alergi merupakan salah satu penyakit kronis yang paling umum terjadi. Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melihat suatu zat sebagai hal berbahaya bagi tubuh dan bereaksi berlebihan terhadapnya. 

Zat yang menyebabkan reaksi alergi disebut alergen. Ketika seseorang memiliki alergi, sistem kekebalan mereka membuat antibodi yang disebut imunoglobulin. Antibodi inilah yang kemudian merespons alergen yang ada pada tubuh. 

Saat tubuh merespons alergen, maka sistem kekebalan tubuh Kamu akan memunculkan suatu gejala yang yang disebut dengan reaksi alergi.

Gejala alergi sendiri dapat berbeda-beda pada setiap orang, namun umumnya reaksi alergi yang muncul akan membuat Kamu merasa tak nyaman. 

Misalnya, mungkin mengalami bersin-bersin, pilek, ruam atau gatal-gatal, serta mata berair. Gejala-gejala lain yang lebih serius dan bahkan mengancam jiwa juga mungkin terjadi pada orang yang menderita alergi seperti kesulitan bernapas dan bengkak di mulut atau tenggorokan. Gejala alergi berat yang mengancam jiwa ini disebut anafilaksis.

 

Alergi terdiri dari berbagai macam, mulai dari alergi makanan hingga alergi obat. Macam-macam alergi tersebut ada yang ringan, namun ada juga yang dapat mengancam nyawa. Inforadar.id menukil dari berbagai sumber untuk mengenali berbagai macam alergi berdasarkan penyebabnya guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

1. Alergi makanan

Alergi makanan terjadi setelah mengonsumsi makanan tertentu yang dapat memicu alergi, sepertii telur, susu, kacang, gandum, kedelai, dan makanan laut seperti ikan dan kerang.

Reaksi alergi makanan dapat berupa kulit dan mulut terasa gatal, bibir dan wajah mengalami pembengkakan, pusing, mual dan muntah, hingga sulit bernapas.

 

2. Alergi kulit

Alergi kulit terjadi saat zat alergen yang memicu alergi bersentuhan dengan kulit. Reaksi alergi ini dapat berupa kulit memerah, muncul ruam, gatal-gatal, hingga bengkak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: