Situs Citaman Pandeglang, Dipercaya Menjadi Tempat Mendapatkan Jodoh dan Membuang Kesialan

Situs Citaman Pandeglang, Dipercaya Menjadi Tempat Mendapatkan Jodoh dan Membuang Kesialan

Caption Situs Citaman di Kaki Gunung Pulosari, Kabupaten Pandeglang..-Tangkapan Layar Situs Resmi Kementerian Pendidikan-

PANDEGLANG,INFORADAR.ID-Di Kaki Gunung Pulosari, Kabupaten Pandeglang terdapat sebuah mata air dan kolam yang diduga menjadi tempat mensucikan diri sebelum ritual keagamaan. Mata air dan kolam tersebut dinamakan Situs Citaman yang lokasi tepatnya di Desa Sukasari, Kecamatan Pulosari,  Kabupaten Pandeglang. 

 

Situs Citaman merupakan mata air dan kolam dengan berbagai ukuran dan bentuk.  Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Situs Citaman dan Situs Batu Goong yang berjarang kurang lebih 500 meter merupakan satu kesatuan, satu kompleks budaya dan satu periode. 

 

Situs Citaman diduga menjadi tempat mensucikan diri sebelum ritual keagamaan.  Berdasarkan dari situs resmi Kementerian Pendidikan yang dikutip INFORADAR.ID,  bahwa Situs Citaman menjadi tempat mensucikan itu dibuktikan dengan ditemukan beberapa artefak yang terbuat dari bahan batu misalnya batu bergores (batu asah), batu berlubang, batu pipisan, batu dakon, batu datar, baik di sekitar kolam, ataupun di dalam air. 

 

Temuan-temuan tersebut sekarang tersimpan di Rumah Informasi Situs Citaman.  Menurut keterangan dari masyarakat setempat bahwa di kompleks Situs Citaman terdapat 9 (Sembilan) kolam,  diantaranya :

 

1. Kolam Cipanggitikan yang saat ini dimiliki oleh PDAM Kabupaten Pandeglang dan airnya digunakan sebagai bahan pasokan bagi pelanggan PDAM Pandeglang.

 

2. Kolam Cikajayaan berdasarkan penuturan juru pelihara Situs Citaman,  dipercaya bisa membawa keberhasilan bagi orang yang mandi di kolam tersebut.

 

3. Kolam Cikaapeusan (dalam bahasa Indonesia  berarti air kesialan) terletak sekitar 10 meter dari kolam Cikajayaan. Kolam ini dipercaya untuk membuang sial bagi siapapun yang mandi dikolam ini. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: