Disway Award

Pencarian Informasi Gen Z Beralih ke TikTok, Google Kehilangan Dominasi

Pencarian Informasi Gen Z Beralih ke TikTok, Google Kehilangan Dominasi

Foto ilustrasi TikTok -Pixabay @antonbe-

INFORADAR.ID - Pencarian informasi Gen Z menunjukkan perubahan signifikan dalam beberapa waktu terakhir. 

Jika sebelumnya mereka mengandalkan Google, kini pencarian informasi Gen Z lebih banyak dilakukan melalui platform seperti TikTok dan Instagram. 

Pergeseran ini menandai bahwa pencarian informasi Gen Z tidak lagi berfokus pada mesin pencari konvensional. 

Situasi ini menantang dominasi Google dalam dunia pencarian informasi Gen Z secara keseluruhan.

Gen Z lebih menyukai konten singkat dan autentik yang disajikan secara visual.


Ilustrasi Google -Pinterest/Modoemprendendor-

BACA JUGA:Persyaratan Daftar STTD 2025: Cek Nilai Rapor dan Tinggi Badan!

BACA JUGA:Selain Menikah, Ini 7 Aktivitas Setelah Lulus Kuliah yang Bisa Dijalani Gen Z

Alasan Gen Z Lebih Nyaman Cari Info di TikTok

Survei yang dirilis Forbes Advisor dan Talker Research pada April 2024 menyatakan bahwa 45% responden Gen Z lebih suka mencari informasi lewat media sosial seperti TikTok dan Instagram daripada menggunakan Google. 

Angka ini jauh melebihi milenial (35%), Gen X (20%), dan baby boomer (kurang dari 10%).

Beberapa faktor yang membuat TikTok lebih menarik bagi Gen Z antara lain sebagai berikut.

- Format video singkat yang langsung menyampaikan inti informasi.

- Konten yang lebih terasa nyata dan relevan dari pengguna lain.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: