Pencarian Informasi Gen Z Beralih ke TikTok, Google Kehilangan Dominasi
Foto ilustrasi TikTok -Pixabay @antonbe-
INFORADAR.ID - Pencarian informasi Gen Z menunjukkan perubahan signifikan dalam beberapa waktu terakhir.
Jika sebelumnya mereka mengandalkan Google, kini pencarian informasi Gen Z lebih banyak dilakukan melalui platform seperti TikTok dan Instagram.
Pergeseran ini menandai bahwa pencarian informasi Gen Z tidak lagi berfokus pada mesin pencari konvensional.
Situasi ini menantang dominasi Google dalam dunia pencarian informasi Gen Z secara keseluruhan.
Gen Z lebih menyukai konten singkat dan autentik yang disajikan secara visual.

Ilustrasi Google -Pinterest/Modoemprendendor-
BACA JUGA:Persyaratan Daftar STTD 2025: Cek Nilai Rapor dan Tinggi Badan!
BACA JUGA:Selain Menikah, Ini 7 Aktivitas Setelah Lulus Kuliah yang Bisa Dijalani Gen Z
Alasan Gen Z Lebih Nyaman Cari Info di TikTok
Survei yang dirilis Forbes Advisor dan Talker Research pada April 2024 menyatakan bahwa 45% responden Gen Z lebih suka mencari informasi lewat media sosial seperti TikTok dan Instagram daripada menggunakan Google.
Angka ini jauh melebihi milenial (35%), Gen X (20%), dan baby boomer (kurang dari 10%).
Beberapa faktor yang membuat TikTok lebih menarik bagi Gen Z antara lain sebagai berikut.
- Format video singkat yang langsung menyampaikan inti informasi.
- Konten yang lebih terasa nyata dan relevan dari pengguna lain.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:
