Simak Tips Berikut untuk Menjaga Mental Health Kamu

Selasa 22-10-2024,20:16 WIB
Reporter : Stefhanie Ardianty
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Kondisi mental health seseorang menentukan kualitas hubungan mereka dengan lingkungan sekitarnya, untuk itu penting bagi kamu memperhatikan kondisi kesehatan mentalmu agar tetap terjaga dengan baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari. 

Mental health yang tidak terjaga dengan baik dapat menyebabkan banyak permasalahan bagi diri sendiri, meliputi tingkat kecemasan yang meningkat, perasaan putus asa dan tidak berguna, hingga kecenderungan untuk mengakhiri hidup. 

Melalui postingan di akun Instagram @ppmijakartabarat dibagikan 9 hal yang dapat dilakukan untuk menjaga mental health kamu. Yuk simak apa saja! 

1. Mulai Berolahraga Teratur 

Tidak dapat dipungkiri, berolahraga adalah salah satu cara untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Ternyata berolahraga tidak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh saja, tetapi menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk nenjaga mental health kamu lhoo. Dengan berolahraga kamu juga dapat membuat pikiranmu lebih fresh dan rileks sehingga kamu dapat menghilangkan sejenak tekanan dalam batinmu. 

2. Mengapresiasi Diri dengan Makanan Enak 

Memberikan self reward atas hal yang telah kamu lakukan menjadi cara yang ampuh untuk menjaga kesehatan mentalmu. Kamu dapat membelikan diri sendiri makanan yang kamu sukai sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa kamu pantas untuk mendapatkan hal tersebut setelah bekerja keras.

BACA JUGA:Wow, Bisa Panggil Semua Menteri, Ini Tugas Luhut di Kabinet Prabowo

BACA JUGA:Sinopsis Serial Aku Tak Membenci Hujan, Usung Tema Kesehatan Mental

3. Curhat ke Orang Terdekat 

Kadang kala beban pikiran seseorang membuatnya berputus asa. Dengan banyaknya permasalahan hidup yang dialami membuat mental health seseorang dapat terganggu. Untuk itu penting bagimu menceritakan segala permasalahanmu ke orang terdekatmu karena ketika kamu hanya menyimpan semuanya sendiri tanpa bercerita beban pikiranmu akan semakin banyak dan dapat membuatmu depresi. Mungkin bercerita tidak serta merta dapat menyelesaikan permasalahan yang kamu alami. Namun, dengan bercerita kamu dapat lebih tenang dapat memikirkan jalan keluar dari permasalahanmu.

4. Berbuat baik Kepada Orang Lain 

Berbuat baik tentu merupakan hal yang sangat dianjurkan, selain membawa pahala bagi pelakunya, berbuat baik juga akan membantumu menjadi pribadi yang lebih positif. Dengan banyak membantu orang lain kamu akan merasa lebih bermanfaat baik orang sekitarmu. 

5. Istirahat 

Kadang kala terlalu banyak yang kamu kerjakan dan pikirkan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mentalmu. Untuk itu kamu perlu mengambil waktu sejenak untuk beristirahat dari segala rutinitas yang kamu jalani. 

Kategori :