4 Cara Melatih Kecerdasan Anak dengan Keterampilan Berpikir Kritis, Lakukan Hal Ini

Selasa 15-10-2024,08:41 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Cobalah membuat percakapan itu menyenangkan. Tanyakan kepada anak kamu apa pendapat mereka tentang keputusan yang kamu buat sehingga mereka juga dapat berpartisipasi dan belajar dari diskusi tersebut.

Melatih keterampilan berpikir kritis anak kamu tidak hanya akan membantu mereka berpikir lebih baik, tetapi juga mempersiapkan mereka menghadapi tantangan di masa depan.

BACA JUGA:Mengandung Banyak Nutrisi, Ini 7 Buah yang Bisa Langsung Dimakan Bersama Kulitnya Tanpa Perlu di Kupas

BACA JUGA:5 Penyebab Tubuh Kamu Sering Merasa Lelah Setiap Hari, Ternyata Karena Ini

3. Mendorong anak bertanya  

Anak sangat ingin tahu dan sering menanyakan pertanyaan yang menarik. Pertanyaan mereka sering kali menunjukkan bahwa mereka benar-benar ingin memahami dunia di sekitar mereka.

Jika belum tahu jawabannya, ini kesempatan bagus untuk belajar bersama. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menemukan jawabannya melalui eksperimen dan penelitian.

Ini akan menjadi waktu yang menyenangkan dan berharga, dan kamu juga akan melatih kemampuan berpikir kamu.

4. Memperkenalkan perspektif berbeda 


Ilustrasi-Freepik.com-tirachardz

Membaca buku favorit kamu memang menyenangkan, namun kamu juga dapat membaca buku dari penulis baru yang belum pernah kamu dengar dari waktu ke waktu.

Sewaktu kamu membaca, mintalah anak-anak mendiskusikan pendapat mereka mengenai situasi dan tokoh dalam cerita.

Selain buku, kamu juga bisa menonton film atau mengunjungi museum baru. Kamu bisa diskusikan pengalaman ini dan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Menghargai pendapat orang lain mengajarkan anak kamu empati dan toleransi.

Kategori :