Indonesia Kalah Ngebul oleh Negara Kecil dengan Jumlah Perokok Tertinggi di Dunia Ini

Jumat 27-09-2024,18:07 WIB
Reporter : Indra Sena
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Tahukah Anda Negara mana yang menjadi negara dengan jumlah perokok tertinggi di dunia? Apakah Indonesia? Ataukah negara lain? 

Negara dengan jumlah perokok tertinggi di dunia ini bukanlah negara yang berukuran besar. Berada di samudra Pasifik ternyata nauru menjadi negara dengan jumlah perokok tertinggi di dunia.

Ayo kita lihat daftar negara dengan jumlah perokok tertinggi di dunia ini dan ternyata Indonesia termasuk di dalamnya.


Ilustrasi negara dengan jumlah perokok tertinggi di dunia -jplenio-pixabay.com

Keberadaan rokok di dunia

Tembakau adalah istilah umum untuk beberapa tanaman dalam genus Nicotiana dan produk-produk yang dihasilkan dari daun tembakau yang diawetkan, seperti rokok dan cerutu.

Produk tembakau bersifat adiktif karena kandungan nikotin, yang membuat pengguna sulit berhenti.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tembakau menyebabkan lebih dari 8 juta kematian per tahun, termasuk perokok aktif dan perokok pasif.

Di Amerika Serikat, Pusat Pengendalian Penyakit menyebut tembakau sebagai penyebab utama penyakit, kecacatan, dan kematian yang dapat dicegah.

Penggunaan tembakau meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru, kanker mulut, penyakit jantung, dan pembekuan darah, serta dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, kerusakan gigi, gusi, dan kulit keriput.

Beberapa faktor mempengaruhi tingkat prevalensi tembakau, termasuk kemakmuran, dengan negara-negara kaya cenderung memiliki lebih banyak perokok.

Agama seperti Kristen dan Yahudi umumnya menentang penggunaan tembakau, sementara di beberapa budaya, merokok adalah bagian dari kehidupan sosial pria.


Ilustrasi negara dengan jumlah perokok tertinggi di dunia -ukieiri-pixabay.com

BACA JUGA:Negara dengan Rata-rata Gaji Tertinggi dan Terendah di Asia Tenggara Tahun 2024, Indonesia Masuk Kategori Ini

Secara global, tingkat perokok tertinggi berada di Asia Tenggara dan kawasan Balkan, sementara negara-negara Eropa Barat dan Amerika memiliki tingkat yang lebih rendah.

Kategori :