Gak Masuk Jurusan Impian Apakah Berpengaruh Terhadap Semangat Buat Gapai Cita-cita?

Jumat 02-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Banyak siswa yang memulai perjalanan kuliah dengan harapan besar untuk masuk ke jurusan yang mereka idamkan. Namun, tidak semua orang memiliki keberuntungan untuk bisa diterima di jurusan tersebut. Berbagai alasan, seperti persaingan yang ketat dan hasil tes yang tidak memadai, dapat membuat seseorang berakhir di jurusan yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Kuliah di jurusan yang tidak diinginkan memang bisa menjadi pengalaman yang mengecewakan dan dapat mempengaruhi semangat dalam mengejar cita-cita. Rasa frustasi dan kehilangan motivasi adalah hal yang wajar. Namun, penting untuk diingat bahwa semangat dan tekad untuk meraih impian tidak boleh pudar hanya karena berada di jurusan yang berbeda.

Mengambil kuliah di jurusan yang tidak diimpikan bukan berarti harus berhenti berusaha. Justru, ini bisa menjadi kesempatan untuk menemukan minat dan bakat baru, serta mengembangkan diri di bidang yang mungkin sebelumnya tidak pernah terpikirkan.

BACA JUGA:Aktif Kegiatan di Kampus Penting Gak Sih? Kupu-kupu Vs Kura-kura

Apakah hal ini berpengaruh pada mereka yang menjalankan perkuliahan bukan dijurusan yang mereka impikan? Ini dia pendapat mahasiswa yang tidak masuk jurusan impian.

"Gua pengennya Ilmu Komunikasi tapi lolosnya di Ilmu Pemerintahan, sedikit berpengaruh si, ada sedikit kekecewaan juga terhadap diri sendiri, sempet mikir lanjut atau nggak ya,  tapi dari situ berusaha buat meyakinkan diri sendiri bahwa jurusan yang gue terima saat ini pasti yang terbaik buat gue," Siti Aisyah Untirta.

"impiannya sih Kedokteran tapi keterimanya Keperawatan, ga begitu berpengaruh siih sama semangat belajar soalnya yang dipelajarin kurang lebih sama dan masih di rumpun yang sama," Salsabila Tazkia Nurulita Untirta.

BACA JUGA:Antara Whatsapp dan Telegram, Mana yang Lebih Efektif Menurut Mahasiswa?

"Pengennya Broadcasting cuma keterimanya di Agroekoteknologi dan ini pengaruh banget karna bukan passion gue dan gue ngejalaninnya jadi setengah-setengah ikhlas cuma karna terlanjur basah yauda sekalian aja nyebur," Risthania Shafa Dhilla - Untirta.

"Jurusan impian gue dulu Perikanan, sekarang Ilmu Komunikasi konsentrasi Jurnalistik dan gak ngaruh si, gue sadar kalo gue gak bisa ke perikanan karena linjur dan ditambah jurnalistik ini muncul jadinya jurnalistik yang utama, perikanan sekarang menghilang dari impian gue," Fasya Kalak Muhammad - Untirta. (*)

Kategori :