Keluar dari Zona Malas, Begini 7 Cara Menjadi Lebih Produktif di Tempat Kerja

Kamis 01-08-2024,06:00 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Membuat "daftar tugas" fisik untuk membantu mengatur tugas-tugas kamu dapat mencegah gangguan dan meningkatkan motivasi. Setelah kamu menetapkan daftar tugas, luangkan waktu untuk memprioritaskan tugas-tugas kamu.

2. Blokir waktu jadwal kamu

Bagi orang-orang yang berjuang dengan motivasi sepanjang hari, pemblokiran waktu bisa sangat membantu apakah kamu seorang ibu rumah tangga dengan sejuta tugas atau seorang karyawan perusahaan di kantor.

Setelah kamu memprioritaskan tugas yang perlu kamu selesaikan dalam sehari, perkirakan waktunya, lalu tambahkan ke kalender mu.

Dengan memblokir waktu yang kamu perlukan untuk fokus sepanjang hari, kamu meminimalkan kepanikan yang tak terhindarkan yang sering dialami di paruh terakhir hari dan memastikan waktu untuk produktivitas tanpa gangguan.

3. Atur timer untuk membantu manajemen waktu

Banyak ahli menyarankan penggunaan "pengatur waktu" untuk tetap termotivasi. Baik saat belajar, mengerjakan proyek, atau membersihkan rumah, pengatur waktu dapat membantu memastikan produktivitas tanpa gangguan.

4. Manfaatkan istirahat singkat sepanjang hari

Menggunakan istirahat sejenak sepanjang hari sebagai hadiah dapat membantu meredakan kecemasan, stres, atau frustrasi yang terpendam saat bekerja.

Daripada membiarkan energi negatif itu tumbuh di bawah permukaan, kamu dapat bersantai selama beberapa menit untuk mempersiapkan tugas berikutnya.

5. Batasi waktu penggunaan layar dan atur timer untuk media sosial

Bukan rahasia lagi bahwa waktu yang dihabiskan di depan layar berdampak negatif pada produktivitas kita, tetapi daya tarik "doom-scrolling" sebagai pengalih perhatian juga berdampak pada kesehatan mental kita. 

Merasa buruk tentang diri sendiri memengaruhi produktivitas dan motivasi. 

6. Prioritaskan jadwal tidur yang sehat

Yang terpenting, trik untuk keluar dari "era pemalas" adalah ironisnya tidur lebih banyak. Rata-rata orang tidak mendapatkan tidur yang cukup setiap malam atau berjuang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas karena konsekuensi stres dan waktu menonton layar.

7. Berlatihlah afirmasi positif dan bersikaplah lebih baik kepada diri sendiri

Kategori :