Oleh karena itu, berikut ini 7 perilaku yang menunjukkan kurangnya kepercayaan diri di tempat kerja yang menghambat kamu:
1. Kamu membandingkan diri dengan orang lain
Kamu sering membandingkan diri sendiri dan meniru orang lain. Dengan begitu, kamu mengabaikan atau meremehkan perspektif pribadi kamu serta pengembangan kekuatan dan keterampilan unik kamu sendiri.
2. Kamu malu untuk berkomunikasi
Ragu untuk menyuarakan pendapat atau memberikan saran karena takut kamu akan terlihat bodoh, tidak kompeten, atau tidak berpengalaman.
3. Kamu terlalu bergantung pada validasi eksternal
Memerlukan dorongan dan pengakuan yang berkelanjutan untuk mengorientasikan kamu atau memvalidasi pekerjaan yang kamu lakukan.
4. Kamu ragu untuk mengambil tanggung jawab baru
Hindari tanggung jawab utama tertentu yang terkait dengan kemajuan profesional. Apakah kamu melakukan ini karena kamu meragukan kemampuan kamu untuk memenuhi tanggung jawab tersebut dengan sukses?
5. Kamu takut membuat keputusan
Menunda-nunda karena kamu sering kali mengalami kesulitan dalam memutuskan tindakan yang tepat. Atau, sebagai tambahan, kamu mungkin khawatir akan membuat kesalahan atau gagal total.
6. Kamu menderita kelumpuhan analisis
Kesulitan memenuhi tenggat waktu karena kamu secara kompulsif memeriksa kualitas pekerjaan kamu dan membuat revisi tanpa henti.
7. Kamu merasa sulit mengevaluasi orang lain dan pekerjaan mereka
Takut memberi atau menerima masukan , membimbing orang lain, atau mengelola kinerja bawahan langsung.
Salah satu dari perilaku ini bisa jadi cukup untuk menghambat kamu, tergantung pada pekerjaan dan keadaan.