Kue Balok Menes Terbuat dari Bahan Apa? Siapa Sangka Terbuat dari Bahan Ini tapi Jadi Favorit Para Pelancong

Senin 08-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Erna Ayunda Rahmawati
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Kue Balok Menes terkenal dengan keunikan bahan pembuatannya yang terbuat dari bahan singkong, namun berhasil mencuri hati para pelancong. 

Tidak hanya menjadi camilan favorit di Menes, kue ini juga mampu membangkitkan rasa kebanggaan akan warisan kuliner tradisional yang terus dilestarikan. 

Dengan bahan utama terbuat dari singkong, kue Balok Menes mengajarkan bahwa kelezatan tidak selalu bergantung pada bahan mahal, tetapi pada kreativitas dalam mengolah bahan sehari-hari menjadi sesuatu yang istimewa.

BACA JUGA:Emping Menes, Permata Kuliner Pandeglang yang Tak Tergantikan

BACA JUGA:Apa Hukum Cek Khodam? Hati-hati Jangan Hanya Fomo, Yuk Simak Penjelasannya di Sini

“Cara mengolah singkong dengan menggunakan lumping/liangan yang membentuk seperti balok ini, membuat kue ini disebut kue balok,” dikutip dari Instagram @budayaainggeh.

Balok merupakan kayu yang biasa dipakai untuk menahan atau mengganjal sesuatu. Di Menes, kue balok jadi ciri khas identitas lokal yang sudah terkenal.

Kue tradisional khas Pandeglang, Banten ini memiliki bentuk dan rasa yang mirip getuk dengan tambahan serundeng dan bawang goreng.

Salah satu yang unik dari balok Menes adalah cara membungkusnya yang menggunakan daun pisang sehingga menimbulkan aroma harum dan lembut yang membuatnya disukai banyak orang.

BACA JUGA:Kue Balok Menes, Makanan Khas Pandeglang yang Enak, Lengkap dengan Cara Membuatnya

BACA JUGA:Viral Thariq Haji Sejak Usia 2 Bulan, Apakah Hajinya Sah? Simak Penjelasannya di Sini

Nama balok Menes diambil dari nama sebuah kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Banten yaitu kecamatan Menes.

Menes telah lama dikenal sebagai kecamatan penghasil beberapa kudapan khas Banten yang menggugah selera, salah satunya balok menes ini.

Balok menes dikenal memiliki cita rasa yang unik dan selalu menjadi favorit para pelancong yang sedang berwisata di kawasan tersebut.

Kombinasi rasa khas singkong yang kuat, serta perpaduan serundeng yang sedikit manis dan taburan bawang goring membuat banyak orang jatuh hati dengan kudapan ini.

Kategori :