9 Manfaat Minum Air hangat yang Super Mengejutkan: Ternyata Baik Banget untuk Kesehatan Tubuh

Selasa 25-06-2024,17:30 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Terhidrasi dengan air secara berlebihan dapat menyebabkan hiponatremia, ketidakseimbangan elektrolit berbahaya yang dapat menyebabkan masalah jantung dan masalah lainnya.

2.Membantu penurunan berat badan

Mengonsumsi air panas saja tidak akan membuat berat badan kamu turun, tetapi dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu kamu merasa lebih kenyang sehingga kamu makan lebih sedikit. Selain itu, tubuh harus menggunakan energi ekstra untuk mendinginkan cairan panas atau menghangatkan cairan dingin, sehingga membantu kamu membakar beberapa kalori ekstra.

3.Membersihkan sinus

Semua orang mencari pengobatan rumahan untuk hidung tersumbat jadi cobalah minum air panas. “Tubuh memproduksi berliter-liter lendir setiap hari dan sekret hidung yang kering dapat membuat Anda merasa sesak,” kata Dr. Mehdizadeh. Uap dari air panas juga dapat membantu mengendurkan penyumbatan dan membuka sumbatan pada sinus. Untuk mendapatkan efek maksimal, cobalah menghirup uapnya sebelum meminumnya.

4.Lebih mudah pada gigi

Gigi kamu mungkin berterima kasih karena telah beralih dari air dingin ke air hangat. Menurut periodontist dan ahli gizi Sanda Moldovan, air hangat lebih baik untuk gigi dan restorasi gigi, serta lebih mudah diserap. “Bahan tambalan putih tertentu berkontraksi sebagai respons terhadap air dingin, menyebabkan tambalan gigi terlepas,” jelas Moldovan. Pastikan air kamu tidak terlalu panas, suhu ekstrem apa pun pada gigi dapat merugikan, jadi cobalah meminum air pada suhu ruangan agar gigi putih mutiara kamu tetap sehat. Bagi penderita gigi sensitif, air hangat bisa lebih nyaman diminum dibandingkan air dingin.

5.Lebih baik untuk pencernaan

Minum air panas telah terbukti meningkatkan motilitas esofagus yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah pencernaan. Namun, meskipun air adalah pelumas yang bagus untuk seluruh sistem pencernaan dan sangat penting untuk membantu kamu menyerap nutrisi, suhu tidak akan menjadi masalah setelah air masuk ke perut karena tubuh akan mendinginkannya hingga mencapai suhu yang sama dengan kamu semua.

6.Membantu membersihkan racun

Minum air panas meningkatkan suhu inti tubuh, merangsang proses berkeringat, yang merupakan salah satu cara tubuh menghilangkan racun. Air juga penting untuk fungsi ginjal dan hati, organ utama yang digunakan tubuh untuk membersihkan produk limbah dari tubuh.

7.Meringankan sembelit

Sembelit terjadi ketika buang air besar sedikit atau tidak ada sama sekali dan penyebab umumnya adalah dehidrasi. Jika kamu memulai setiap hari dengan minum air hangat, sebelum makan apa pun, hal itu dapat membantu merangsang pergerakan usus.

8.Meningkatkan konsentrasi

Kabut otak dan gangguan perhatian adalah efek samping dehidrasi yang kurang diketahui namun umum.  Minum air panas dapat membantu meringankan gejala-gejala ini, membuat kamu lebih jernih dan fokus.

9.Meningkatkan suasana hati

Kategori :