Kupas Tuntas Rumah Adat di TMII Yuk, Edisi Papua, Sulawesi dan Kalimantan

Rabu 21-06-2023,12:33 WIB
Reporter : Rahmi Ainun Nisa
Editor : Haidaroh

Ada rumah dengan atap bundar seperti jamur Bernama ‘Honay’ yang untuk pria. Sedangkan untuk Wanita ada ‘Ebey Honay’. Nah, ternyata ada bangunan khusus untuk babi yang diberi nama ‘Wanay Honay’.

Suku di daerah Papua ada 31 kelompok bahasa, yaitu : Tobati, Kuimen Sewan, Kauwerawet, Pauwi, Ambai, Turu, Wondama, Roon, Hatam, Arfak, Karon, Kapaur, Waosiran, mimika, Kapauku, Moni, Ingkipilu, Pasecehem, Teliformin, Awin, Mandobo, Auyu, Sohur, Boazi, Klader, Komoron, Jap, Marind-Anim, Jenan dan Serki. Wa,wa,wa!

Maluku Utara

Anjungan Maluku Utara di TMII dinamakan dengan 'Moloku Kie Raha'. Rumah ini berbentuk panggung yang ditopang sejumlah tiang dan dinding dari kayu.

Ada tangga di sisi kiri dan kanan. Atapnya dari daun ijuk dan di kolongnya terdapat dego-dego atau dipan bambu. 

Jika berkunjung ke Halmahera Barat, kamu dapat mengunjungi rumah adat Sasa'du dari suku Sahu.

Maluku

Rumah 'Baileo' di Anjungan Maluku ini mencerminkan persekutuan antara dua marga besar di Maluku, Pata Siwa dan pata Lima.

Dilambangkan dengan 9 siwa (tiang) yang menjadi lambing persatuan Maluku.

Bangunan Baileo dan rumah Latu atau rumah Raja (kepala desa) yang merupakan tempat pertemuan ketika sedang bermusyawarah.

Serambi di rumah Latu untuk menerima tamu pria, ruang tengah untuk menerima tamu wanita, kamar tidur, serta ruang belakang sebagai ruang makan, duduk dan dapur. Rumah Latu di Anjungan Maluku ini digunakan sebagai kantor.

Sulawesi Utara

Anjungan sulawesi Utara mempunyai dua bangunan, ini disebut 'Walewangko' atau rumah Pewaris dan 'Bolaang mongondow'.

Jika sedang berwisata di Sulawesi Utara, sempatkan untuk berkunjung ke Taman Laut Bunaken. Di sana kamu bisa berolahraga air sepuasnya seperti diving dan snorkeling.

Gorontalo

Tempat tinggal orang Gorontalo umumnya berbentuk rumah Malihe atau Potiwoluya, yakni rumah panggung berbentuk bujur sangkar atau persegi empat yang didirikan diatas tiang dengan ketinggian antara 1 sampai 4 meter.

Kategori :