Kupas Tuntas Rumah Adat di TMII Yuk, Edisi Papua, Sulawesi dan Kalimantan

Rabu 21-06-2023,12:33 WIB
Reporter : Rahmi Ainun Nisa
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Indonesia sangat kaya akan budayanya. Salah satu bentuk dari kebudayaan Indonesia adalah rumah adat yang berbeda pada tiap-tiap provinsi.

Saat ini provinsi di Indonesia sudah bertambah menjadi 38 provinsi dan memiliki lebih dari 33 jenis rumah adat yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara.

TMII menyediakan contoh lengkap 33 rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Contohnya Papua, Sulawesi dan Kalimantan.

Dari semua rumah adat yang ada di TMII, mana yang menjadi favorit kamu nih?

Rumah adat di TMII dnamakan dengan Anjungan Daerah. Anjungan ini berbentuk bangunan-bangunan rumah adat yang bercirikan khas arsitektur tradisional.

Rumah adat ini dibangun mengelilingi area danau Miniatur Arsipel (archipelago) Indonesia. Tentu ini ada artinya juga lho!

Rumah adat yang dibangun mengelilingi danau ini melambangkan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Langsung saja yuk kita kupas tuntas Anjungan Daerah Papua, Sulawesi, dan Kalimantan di TMII!

Papua Barat

Sebelumnya daerah ini memiliki nama Irian Jaya Barat. Papua Barat ini terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis. Industri khas tradisionalnya adalah tenun ikat yang berada di kabupaten Sorong Selatan.

Selain itu, ada daerah yang menghasilkan mutiara dan rumput laut terbanyak. Coba tebak di mana? Yap, itu adalah Raja Ampat.

Ciri khas rumah adat ini adalah ditopang dengan tiang-tiang yang banyak. Rumah adat ini bernama 'Mod Aki Aksa / Lgkojei'. Sudah jarang ditemukan dan hanya sedikit terdapat di beberapa kampung di pedalaman bagian tengah pegunungan Arfak.

Papua

TMII menyediakan rumah anjungan 'Kawari' dan 'honay' dari suku Dani dan Tobati-Enggros.

Anjungan ini juga mempunyai bangunan bernama 'Sili', sebuah pemukiman suku 'Dani' di lembah 'Baliem'.

Kategori :