Proses Kilat! Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Proses Kilat! Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Eliano Reijnders dan Mees Hilgers bersama ketua umum PSSI, Erick Thohir-pssi-instagram.com

INFORADAR.ID - Melansir laman PSSI, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan apresiasinya setinggi langit kepada semua pihak yang terlibat, dalam proses perpindahan kewarganegaraan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders agar bisa memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia.

Mulai dari Presiden Joko Widodo, DPR, Kemenkumham, hingga Kementerian Dalam Negeri, Erick Thohir mengucapkan rasa terima kasih yang besar karena berhasil mempercepat proses sumpah kewarganegaraan Indonesia bagi dua pesepakbola berbakat, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Upacara sumpah ini berlangsung pada hari Senin, 30 September 2024 di Brussel, Belgia, sebuah momentum yang tidak hanya penting bagi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, tetapi juga bagi Timnas Indonesia yang tengah mempersiapkan diri menghadapi Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Menurut Erick, proses percepatan ini tidaklah dianggap sebagai suatu keistimewaan, melainkan bentuk fleksibilitas yang diperlukan demi memenuhi kebutuhan mendesak tim.

Ia menyoroti pentingnya pengambilan sumpah di luar negeri karena waktu yang sangat terbatas.

BACA JUGA:Kolaborasi PSSI dan KNVB: Langkah Strategis Menuju Peningkatan Prestasi Sepakbola Indonesia

BACA JUGA:Pecat 43 Pegawai, Erick Thohir Tegaskan Komitmen Reformasi Total PSSI

"Mengapa di Brussel? Karena kedua pemain ini tidak punya waktu luang untuk melakukan sumpah di Indonesia, sementara kami ingin mereka siap berlaga menghadapi Bahrain dan Cina," ujar Erick penuh optimisme.

Gerak cepat PSSI dalam menyelesaikan pengurusan WNI untuk Mees dan Eliano sangatlah mengesankan.

Dalam kurun waktu hanya seminggu, DPR melalui Komisi III dan X langsung menyetujui proses tersebut pada Kamis, 26 September 2024, diikuti oleh pertemuan antara Erick Thohir dan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas. Seluruh proses akhirnya ditutup dengan penerbitan Keputusan Presiden, yang menjadi dasar pengambilan sumpah di Brussel.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Erick Thohir (@erickthohir)

Acara sakral pengambilan sumpah tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Dirjen AHU, Cahyo Rahadian Muzhar, Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Dalam momen ini, Erick tak bisa menyembunyikan rasa bangganya. "Saya optimistis kehadiran Mees dan Eliano akan memperkuat strategi coach Shin saat Timnas menghadapi dua laga krusial ini," ucapnya dengan keyakinan. Dikutip INFORADAR.ID pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Eliano Reijnders, yang saat ini bermain untuk PEC Zwolle di Eredivisie, dikenal memiliki darah Indonesia dari ibunya, Angelina Syane Lekatompessy, yang berdarah Ambon dan lahir di Jakarta.

Sementara itu, Mees Hilgers, bek utama FC Twente, memiliki garis keturunan Indonesia dari ibunya, Linda Tombeng, yang berasal dari Sulawesi Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Pssi.org