Waspada, Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjalmu, Cegah Sebelum Semakin Parah!

Waspada, Hindari 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjalmu, Cegah Sebelum Semakin Parah!

Ilustrasi kesehatan ginjal yang terganggu.-pixabay/@ Mohamed_hassan-

Ginjal adalah organ utama dari sistem ekskresi dan membutuhkan air yang cukup untuk secara efektif memenuhi fungsinya dalam menyaring limbah dan racun dari darah dan menjaga keseimbangan cairan. 

Tanpa asupan cairan yang cukup, sehingga akan mengalamidehidrasi sehingga ginjal dapat bekerja lebih keras untuk mengelola konsentrasi produk limbah dalam urin. Akibatnya, risiko batu ginjal, infeksi saluran kemih dan kerusakan ginjal kronis.

2. Sering Begadang

Begadang atau kurang tidur sering dianggap sebagai kebiasaan normal yang memiliki pengaruh buruk terhadap kesehatan ginjal yang tanpa kita sadari. 

Ginjal, yang bertugas menyaring produk limbah dari darah dan mengatur keseimbangan cairan, sangat bergantung pada ritme tubuh yang sehat dan istirahat yang cukup. 

Kekurang tidur secara teratur dapat mengganggu fungsi ginjal dengan meningkatkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dan memperburuk kondisi kesehatan yang sudah ada seperti diabetes, karena begadang dapat mempercepat perkembangan penyakit ginjal kronis dan menurunkan kualitas hidup.

BACA JUGA:Manfaat Minum Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Ini Khasiatnya

BACA JUGA:Mengejutkan! Ini 6 Manfaat Cabai Rawit untuk Kesehatan Tubuh

3. Malas Bergerak


Potret orang yang malas bergerak-@freepik-

Tidak adanya pergerakan fisik menjadi salah satu masalah yang sering diabaikan. Faktanya, gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan kurang berolahraga dapat berakibat serius pada kesehatan, termasuk kesehatan ginjal. 

Ginjal menyaring produk limbah dan kelebihan air dari darah dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. 

Terlalu malas bergerak justru dapat menyebabkan penambahan berat badan, sirkulasi darah yang buruk dan tekanan darah tinggi, yang semuanya merupakan faktor risiko kesehatan ginjal yang buruk dan berkurangnya kerja ginjal dalam menyaring racun dalam tubuh.

4. Sering Mengnsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan sering kali menjadi pilihan yang nyaman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita. Namun, kebiasaan ini dapat berakibat serius bagi kesehatan ginjal. 

Makanan olahan mengandung kadar garam, gula, dan lemak trans yang tinggi, serta zat aditif dan pengawet, yang sering kali membebani organ ginjal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: