Simak 7 Tips Mengatur Keuangan Ala Etnis Tionghoa

Simak 7 Tips Mengatur Keuangan Ala Etnis Tionghoa

Cara Mengatur Keuangan -Pinterest/Post Cortland-

INFORADAR.ID - Mengatur Keuangan merupakan langkah penting yang harus diambil seseorang seiring dengan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun, kerapkali ditemukan kesulitan dalam Mengatur Keuangan karena adanya keinginan untuk membelanjakan uang terus menerus. Jika hal ini terjadi pada dirimu, mulailah atur keuanganmu sehingga tidak berujung penyesalan ketika uang yang harusnya kamu alokasikan ke hal yang lebih penting malah habis untuk memenuhi keinginan kesaatmu.

Tidak perlu diragukan lagi bagaimana kehebatan etnis Tionghoa dalam mengatur keuangan dan pengeluaran mereka. Banyak dari mereka yang mampu bertahan dalam persaingan bisnis dan menjadi orang yang sukses, hal ini tidak terlepas dari manajemen keuangan mereka yang baik. Melalui postingan di akun Instagram @entrepreneursid_ dibagikan   7 cara pintar mengatur keuangan ala etnis Tionghoa, yuk simak apa saja!

1. Buatlah Gaya Hidupmu Mengikuti Pendapatanmu

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu yaitu dengan membuat gaya hidupmu mengikuti pendapatan yang kamu peroleh, bukan sebaliknya. Ketika kamu tidak mampu melakukan ini maka pendapatan yang kamu dapatkan selama sebulan akan habis untuk memenuhi gaya hidupmu yang tidak sesuai dengan pendapatmu. Uang yang kamu dapatkan akan selalu kamu manfaatkan untuk membeli barang-barang yang tidak penting asal gaya hidupmu terpenuhi. Jika, hal ini dilakukan terus menerus maka kamu tidak akan dapat mengatur keuanganmu dengan baik sehingga pada akhirnya kamu akan menyadari gaji yang kamu dapatkan habis untuk hal yang tidak berguna.

2. Uang yang Dialokasikan untuk Ditabung Lebih Baik Disisihkan Dulu 

Cara selanjutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuanganmu yaitu dengan menyisihkan uang hasil pendapatanmu untuk ditabung. Hal ini dapat menghindari terpakainya uang tersebut untuk keperluanmu yang lain. Dengan memisahkan uang-uang tersebut untuk berbagai keperluanmu dapat membuatmu lebih baik dalam menentukan pengeluaran sehingga kamu tidak akan konsumtif ketika membelanjakan uangmu. Berikanlah takaran untuk setiap uang yang kamu keluarkan. 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Freelance untuk Mahasiswa, Bisa Menambah Uang Jajan Loh

3. Mulailah Berinvestasi 

Semakin awal kamu mulai berinvestasi maka keuntungan yang akan kamu dapatkan akan semakin banyak. Investasi merupakan cara paling mudah untukmu menghasilkan uang sehingga memulai investasi dapat membantumu dalam memperoleh penghasilan tambahan. Namun, kamu tetap harus memiliki investasi yang sesuai dengan profil resiko yang kamu punya. 

4. Jangan Mudah Tergoda dengan Tips Cepat Kaya

Tips cepat kaya yang kerapkali dibagikan beberapa influencer mungkin terlihat menarik untuk diikuti. Namun, tidak semua tips yang dibagikan benar-benar sesuai dengan kapasitas dirimu karena posisi seseorang saat itu berbeda-beda dan belum tentu tips yang bagikan benar-benar cocok dengan kondisimu saat ini. Daripada mengikuti tips cepat kaya tersebut lebih baik kamu mulai memprioritaskan manajemen keuangan yang sesuai dengan penghasilanmu saat ini. 

5. Jangan Berpatok Membeli Barang Hanya Karena Merk

Jika kebutuhanmu bisa dipenuhi dengan barang-barang yang harganya lebih murah maka kamu tidak perlu membayar/mengeluarkan uang lebih banyak untuk mendapatkan barang yang sesuai dengan merk yang kamu ingin. Selama barang yang kamu perlukan memiliki kualitas yang sama dengan barang bermerk tersebut maka tidak perlu ragu untuk membelinya. Kamu perlu menyadari bahwa barang bermerek pun akan menyusut nilainya seiring dengan lamanya pemakaian. 

BACA JUGA:Kamu Butuh Cuan Tambahan? Inilah Rekomendasi Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: