Pelajari 4 Skill Ini untuk Menunjang Gempuran AI, Dijamin Gak Bakal Jadi Pengangguran

Pelajari 4 Skill Ini untuk Menunjang Gempuran AI, Dijamin Gak Bakal Jadi Pengangguran

Ilustrasi Mahasiswa TIK-Pinterest/KOKOSHELL-

INFORADAR.ID - Kemajuan teknologi AI atau Artificial Intelligence semakin pesat dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita. Elon Musk bahkan memprediksi bahwa AI akan lebih pintar dari manusia dalam beberapa tahun ke depan. 

Pada Tahun 2027, self-driving truck diperkirakan akan menggantikan truk yang dikemudikan manusia. Pada Tahun 2031, teknologi self-checkout akan menggantikan pegawai ritel. Pada Tahun 2049, AI diprediksi mampu menulis buku best-seller. Pada Tahun 2051, AI mungkin akan menjadi dokter bedah.

Melihat tren ini, Fellexandro Ruby melalui kanal YouTube dengan nama yang sama, memberikan empat skills yang wajib dipelajari agar kita bisa bersiap menghadapi perubahan yang akan datang. 

BACA JUGA:5 Skill Penting yang Harus Dimiliki Gen Z untuk Sukses di Era Digital

Berikut adalah empat keterampilan penting yang perlu dikembangkan:

1. Fleksibilitas dan Adaptasi

Menurut Microsoft 2023 World Trend Index, kemampuan beradaptasi dengan cepat terhadap teknologi AI sangat penting. AI sudah terintegrasi dalam banyak aspek pekerjaan kita, seperti pengolahan suara dalam podcast dan penyuntingan video otomatis. Menerima dan menggunakan AI akan membantu kita bekerja lebih efisien.

2. Kecerdasan Emosional

Meskipun AI berkembang pesat, kemampuan manusia dalam merespon dengan empati dan kepekaan emosional masih belum bisa digantikan. Misalnya, pekerjaan sebagai customer service atau psikolog memerlukan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi.

3. Deteksi Bias

AI tidak sempurna dan masih sering membuat kesalahan. Kemampuan untuk mendeteksi dan mengoreksi bias dalam AI sangat penting. Kita perlu terus mengevaluasi hasil kerja AI untuk memastikan keakuratannya.

BACA JUGA:5 Skill yang Penting Dikuasai di Era Digital, Gen Z Harus Tahu

4. Delegasi AI

Kemampuan untuk memanfaatkan AI dengan tepat, termasuk dalam hal memprogram AI (prompting), sangat penting. Memahami bagaimana mengarahkan AI untuk tugas-tugas tertentu akan membantu kita bekerja lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: