5 Skill yang Penting Dikuasai di Era Digital, Gen Z Harus Tahu

5 Skill yang Penting Dikuasai di Era Digital, Gen Z  Harus Tahu

Skill di Era Digital untuk Gen Z i-pinterest - Nirmitha Budh-

INFORADAR.ID - Penting sekali memiliki skill yang tepat di era digital yang serba cepat. Khususnya generasi Z (Gen Z) yang tumbuh pada jaman yang penuh dengan teknologi-teknologi baru.

Skill menguasai berbagai keterampilan menjadi kunci keberhasilan di berbagai bidang. Transformasi digital yang melibatkan teknologi canggih, internet, dan otomatisasi bukan hanya mengubah cara kita bekerja, tetapi juga mengharuskan individu untuk memiliki keahlian khusus yang sesuai dengan perkembangan zaman. 

pada era digital, teknologi membuka banyak peluang sekaligus membutuhkan skill yang sesuai bagi anak muda atau Gen Z untuk mengeksplorasi pekerjaan  yang terbilang tidak pernah ada sebelumnya. 

Dibalik peluang yang luas dalam pekerjaan, Gen Z perlu menguasai skill-skill yang sesuai. berbagai keterampilan menjadi sangat penting untuk dikuasai agar dapat beradaptasi dan bersaing dalam dunia kerja maupun kehidupan sehari-hari, berikut ini 5 skill yang harus dikuasai di era digital.

1. Skill Teknologi

Pesatnya perkembangan teknologi menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Skill dasar sangat penting dimiliki seperti macam-macam aplikasi produktivitas, perangkat lunak kantor atau platform komunikasi. Selain itu, pemahaman terhadap teknologi baru seperti AI (kecerdasan buatan)  juga sangat penting untuk dipelajari.

2. Berfikir Kritis dan Pemecahan Masalah

Memiliki pemikiran kritis dan pemecahan masalah sangat diperlukan dalam era digital karena pada era ini dunia dipenuhi dengan informasi. Hal ini juga termasuk dalam skill menganalisis informasi, identifikasi masalah dan  mencari solusi yang efektif dari suatu masalah. Gen Z dapat membuat keputusan yang lebih baik jika memiliki skill berfikir kritis dalam berbagai situasi seperti di kampus, tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi.

3. Kreativitas dan Inovasi

Pada era digital banyak sekali peluangn untuk Gen Z berkreasi dan berinovasi. Pada berbagai bidang, skill ini sangat diperlukan seperti menciptakan konten yang menarik dalam video, gambar, desain maupun tulisan. Inovasi juga tidak kalah penting untuk mengembangkan ide-ide baru yang dapat memecahkan masalah atau menciptakan suatu produk dan layanan yang sangat baik. .

4. Produktif dan Management

Gangguan dapat datang dari mana saja di era yang serba canggih ini mulai dari aplikasi chatting hingga media sosial. Maka penting sekali management waktu yang baik, Gen Z perlu memiliki skill produktivitas seperti dalam mengatur prioritas, membuat jadwal, dan bantuan alat management waktu. Dengan skill seperti ini, Gen Z dapat beraktivitas lebih efisien  dan mencapai tujuan dengan lebih mudah dan cepat.

5. Skill Komunikasi

Komunikasi adalah kegiatan yang dilakukan setiap hari oleh setiap individu. Oleh karena itu penting memiliki kemampuan komunikasi yang benar, baik dalam lingkungan kerja, perkuliahan atau lingkungan sekitar. Memiliki komunikasi yang baik dapat membangun relasi yang kuat dan bekerja lebih efisien seperti dalam menulis email profesional, berbicara di depan umum dan bekerja dalam tim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: