10 Cara Salah dalam Mencuci Wajah, Ternyata Sering Kamu Lakukan

10 Cara Salah dalam Mencuci Wajah, Ternyata Sering Kamu Lakukan

Ilustrasi cara salah dalam mencuci wajah-Freepik.com-produksi pv

BACA JUGA:8 Makna Bunga yang Melambangkan Persahabatan: Bisa Dijadikan Rekomendasi untuk Hadiah Wisuda Sahabat

3. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Pembersih atau alat pengelupas kulit dapat mengelupas sel kulit mati dan membuat kulit tampak berseri. Namun, pengelupasan kulit setiap hari dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas.

4. Menggunakan waslap yang kotor

Menggunakan waslap yang bersih dan lembut efektif untuk membersihkan wajah, tetapi kecuali kamu menggunakan waslap baru setiap hari, kamu mungkin harus tetap menggunakan tangan untuk menggosoknya. Selain itu, idealnya kamu harus mengganti handuk yang di gunakan untuk mengeringkan wajah setiap beberapa hari untuk mencegah bakteri.

5. Kain lap tidak cukup lembut

Kain lap yang lembut bisa menjadi cara yang baik untuk mengoleskan pembersih, tetapi kain lap yang terlalu kasar akan keras pada kulit.

6. Menggunakan tisu wajah

Tisu basah lebih baik daripada tidak sama sekali dalam keadaan darurat, tetapi kamu tidak boleh mengandalkannya untuk rutinitas mencuci muka seperti biasa. Tisu basah tidak membersihkan kulit dan mengandung bahan kimia. Simpan beberapa tisu basah di tas olahraga, tetapi bersihkan wajah kamu secara menyeluruh dengan pembersih dan air jika memungkinkan.

7. Menggunakan produk yang salah

Pembersih berbusa bekerja dengan baik untuk kulit berminyak, sementara pembersih yang lebih menghidrasi lebih baik untuk kulit kering. Mereka yang memiliki kulit berminyak dapat memperoleh manfaat dari asam alfa-hidroksi atau asam salisilat, tetapi bahan-bahan tersebut bisa terlalu keras pada orang tanpa kulit berminyak.

8. Menggunakan produk berbahan dasar sabun

Jangan pernah mengganti produk berbahan dasar sabun dengan pembersih non-sabun. Produk berbahan dasar sabun menghilangkan minyak alami kulit dan membuat kulit teriritasi, kering, dan lebih mudah meradang. Pembersih non-sabun menghidrasi kulit dan mengisi kembali lapisan pelindung kulit, sehingga kulit jauh lebih sehat. 

9. Salah menggunakan pembersih

Untuk hasil yang paling efektif, gosokkan pembersih kamu dengan gerakan memutar ke arah luar untuk merangsang aliran darah dan mendorong getah bening untuk membawa limbah dari jaringan. Meningkatkan aliran darah akan mengencangkan kulit dan mempersiapkannya untuk berada di posisi atas alih-alih kendur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: