8 Dampak Negatif Akibat Tidak Mencuci Peralatan Makeup, Ternyata Bahaya Banget untuk Kesehatan Kulit Wajah

8 Dampak Negatif Akibat Tidak Mencuci Peralatan Makeup, Ternyata Bahaya Banget untuk Kesehatan Kulit Wajah

Bahaya banget, ini Dampak negatif akibat tidak mencuci peralatan makeup-Pixabay.com-dapictures_team

BACA JUGA:5 Gejala Penyakit Alzheimer yang Tidak Diketahui Banyak Orang, Ternyata Ini

Jika kamu mengganti spons makeup yang dijual di toko dengan seperangkat kuas kecantikan dan peralatan lainnya, kamu akan mendapatkan hasil akhir yang jauh lebih sempurna. Namun, jika spons tersebut terkena pigmen dan bedak selama berminggu-minggu, makeup mu akan terlihat kusam dan tidak tuntas. Jika kamu kesulitan membaurkannya, bisa jadi karena kuas kamu tidak bersih., akbibatnya ksalahan makeup ini dapat membuat wajah kamu menua. 

3.Kuas yang rusak

Penumpukan pada kuas makeup dapat menyebabkan seratnya patah dan bulunya melemah, sehingga semakin sulit untuk mengaplikasikan makeup dengan benar. Kesalahan makeup ini membuat makeup kamu terlihat tidak rapih.

4.Gangguan

Kerusakan yang terjadi pada kuas dapat mulai mengeraskan bulu dan mengubah bentuknya. Tanpa tekstur lembut asli dari kuas dan spons, penggunaan alat-alat ini secara terus-menerus dapat menyebabkan kulit memerah dan iritasi yang hanya akan ditutupi dengan riasan yang lebih banyak.

5.Jerawat dan pori-pori tersumbat

Terus-menerus menggunakan alat rias yang kotor dan menggunakannya lagi untuk membersihkan produk dapat menyebabkan dampak negatif yang serius. Alat rias yang kotor memasukkan bakteri ke dalam produk dan bahkan setelah kamu membersihkan kuas, kamu tetap memasukkan bakteri itu kembali ke wajah saat kamu menggunakan krim atau gel favoritkmau. Jika kmau melihat adanya peningkatan noda, bisa jadi karena kuas kamu tidak cukup sering dibersihkan. Hal ini juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan tekstur kulit tidak merata.

6.Bulu mata yang dicabut

Membersihkan penjepit bulu mata sangat penting untuk memastikan bulu mata kamu lentik dan berkibar dengan baik. Jika penjepit bulu mata kamu masih menempel pada maskara lama dan kamu  terus menggunakannya, bulu mata kamu akan menggumpal dan bahkan berisiko kehilangan beberapa karena bulu mata akan menempel pada produk lama. Rendam penjepit bulu mata dalam air hangat agar mudah dibersihkan.

7.Penyakit mata yg menular

Salah satu penyebab konjungtivitis adalah berbagi produk kecantikan. Anda tidak akan pernah bisa yakin seberapa bersih kuas eyeliner milik orang lain, jadi lebih baik gunakan alat-alat Anda sendiri yang sudah disanitasi.

8.Kerutan

Kulit yang stres dan terus-menerus bersentuhan dengan bakteri akan mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Saat kulit kamu stres, kolagen dan elastin akan mulai rusak lebih cepat, yang menyebabkan kulit kamu kehilangan penampilan yang kencang dan awet muda. Kamu bisa mengalami kerutan dini akibat penggunaan sikat yang kotor secara terus-menerus.

Itulah beberapa dampak negatif yang akan terjadi jika kamu tidak mencuci peralatan makeup yang harus kamu tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: