Memahami Inner Child : Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

Memahami Inner Child : Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

-ilustrasi/Pinterest-

INFORADAR.ID - Inner Child adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menunjukkan perilaku dan tindakan seseorang yang seperti anak-anak meskipun dari segi usia orang tersebut sudah dewasa. Setiap orang yang sudah beranjak dewasa masih memiliki sisi kekanak-kanakannya, hal ini disebabkan oleh pengalaman baik ataupun buruk dimasa lalu seseorang ketika masih kecil. 

Inner child ini terjadi ketika ingatan masa kecilnya menetap hingga orang tersebut dewasa dan hal ini bisa membentuk sebuah karakter seseorang. Ketika pengalaman yang tertinggal dalam ingatan seseorang berisikan hal yang buruk dan membuat trauma hal ini dapat berdampak negatif karena membuat inner child terluka. 

Seringkali kita tidak menyadari keberadaan inner child dalam diri kita sehingga hal tersebut menjadi permasalahan dalam perilaku dan interaksi sosial kita ketika beranjak dewasa. 

 

Tanda Kamu Memiliki Inner Child yang Terluka 

1. Kamu Cenderung Sering Mengkritik Diri Sendiri 

Jika kamu sering mengkritik dirimu sendiri pada situasi yang berada diluar kendalimu maka bisa jadi hal tersebut tanda bahwa inner child kamu sedang terluka. Pada kejadian di masa lalu mungkin kamu pernah mengalami peristiwa yang kurang mengenakan sehingga hal tersebut membekas dalam ingatanmu dan menjadikan kamu sering merasa tidak puas dengan dirimu sendiri. Ingatan buruk itu akan mempengaruhi juga bagaimana cara orang lain melihat dirimu sendiri.

 

2. Kamu Merasa Malu untuk Mengungkapkan Perasaanmu 

Meskipun tidak semua orang merasa percaya diri untuk mengungkapkan perasaannya. Namun, ketika kamu melalukan hal tersebut terus menerus hal itu menjadi tanda bahwa inner childmu tengah terluka. Hal ini disebabkan pada masa kecil kamu sering mendapatkan kritik dari orang lain yang menyudutkanmu sehingga membuatmu tidak bisa terbuka untuk menyampaikan apa yang kamu rasakan. 

 

3. Kamu Mudah Merasa Cemas Ketika dalam Situasi Baru

Kamu bisa saja merasa bahagia sekaligus tegang ketika melakukan hal yang baru. Sebagian orang akan menyambutnya dengan sangat antusias. Namun, ada juga orang-orang yang merasa cemas ketika dihadapkan dengan sesuatu yang baru, ketika itu terjadi pada dirimu hal ini menjadi tanda bahwa inner child kamu sedang terluka. Bisa jadi terdapat peristiwa buruk ketika kamu kecil yang membuatmu gelisah ketika menghadapi hal baru dalam hidupmu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: