Kamu Gampang Insecure? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kamu Gampang Insecure? Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Insecure/Perasaan Kurang Percaya Diri-Pinterest/Bela-

INFORADAR.ID - Perasaan insecure atau kurang percaya diri kerap kali menghantui seseorang, kalau kamu saat ini sedang mengalami hal yang sama tentunya hal ini tidak bisa dianggap remeh karena bisa menghambat dirimu untuk berkembang.

Perasaan insecure ini biasanya disebabkan oleh rasa tidak nyaman dalam diri seseorang yang membuatnya merasa gelisah, malu, takut, dan kurang percaya diri untuk melakukan sesuatu. Jadi, perasaan insecure itu muncul dari dalam diri seseorang bukan karena faktor luar. 

Dalam sebuah riset disebutkan bahwa 40% dari penyebab seseorang bahagia yaitu karena adanya peristiwa menyenangkan yang terjadi dalam hidupnya sehingga persitiwa yang baru saja dialami seseorang akan mempengaruhi perasaan hingga cara menilai dirinya. Namun, ketika seseorang dihadapkan dalam banyak kegagalan maka ia akan cenderung merasa insecure sehingga dampaknya ia akan kurang percaya diri dan tidak bisa mengendalikan dirinya dan menimbulkan kecemasan hingga rasa tidak aman. 

Seseorang yang kurang percaya diri dalam menjalani kehidupannya sehari-hari akan merasakan ketakutan dan sering berpikir berlebih dengan kemungkinan buruk yang akan terjadi nanti dan bagaimana pandangan negatif orang-orang disekitar mereka. 

Insecure yang muncul dari dalam diri seseorang kadangkala disebabkan oleh peristiwa masa kecil seperti adanya tekanan dari orang tua yang menginginkan kesempurnaan dari anaknya, cara mendidik yang kasar, membentak ketika anak bersalah hingga memberi pukulan kepada anak, hal tersebut akan membuat dirinya sering menyalahkan diri sendiri dan merasa dirinya tidak berharga dan berguna. 

Perasaan insecure ini sejatinya dapat dikikis oleh sejumlah cara karena perasaan ini manusiawi dan dapat dirasakan oleh semua orang.

1. Mengenali Nilai yang Ada Pada Dirimu 

Untuk menghilangkan perasaan insecure ini kamu harus mengenali terlebih dahulu nilai-nilai yang ada pada dirimu sehingga kamu bisa lebih lega untuk menerima segala kekurangan dan kelebihan dirimu sendiri setelah itu kamu bisa fokus pada kelebihan yang ada pada dirimu. Jangan pernah menganggap kamu tidak punya kelebihan karena setiap orang dikaruniai oleh berbagai kelebihan masing-masing. 

2. Mulailah Menerapkan Positif Thinking 

Dalam setiap persoalan yang dihadapi seseorang mereka memiliki pilihan untuk meresponnya. Kamu mungkin bisa saja memilih menyikapi masalah dengan stress dan menyalahkan dirimu sendiri, tapi kamu juga bisa lhoo mulai berpikiran positif pada setiap masalah yang ada. Berpikiran positif sangat membantumu untuk mengatasi perasaan insecure dan berhenti menyalahkan dirimu sendiri, maka mulailah tanamkan positif thinking dalam setiap persoalan yang kamu hadapi. 

3. Memfokuskan Diri pada Kekuatan yang Dimiliki 

Kamu bisa berfokus pada kekuatan yang ada dalam dirimu untuk mengatasi perasaan insecuremu. Daripada kamu berpaku dalam perasaan cemas yang tidak berkesudahan, kamu dapat mulai mengembangkan potensi yang ada dalam dirimu untuk memunculkan kelebihan dan potensi dirimu. 

4. Menghindari Pertemanan yang Toxic 

Kamu akan cenderung merasa insecure jika lingkungan sekitarmu juga buruk, sering merendahkanmu, tidak pernah menghargai sehingga akan menghambatmu untuk berkembang. Untuk itu penting bagimu keluar dari zona pertemanan dan lingkungan yang toxic dan mulai pilihlah lingkungan yang sehat dan mendukungmu untuk maju. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: