Apa Itu Filosofi Wabi Sabi? Ini 5 Prinsip Kehidupan Orang Jepang yang Patut Dicontoh

Apa Itu Filosofi Wabi Sabi? Ini 5 Prinsip Kehidupan Orang Jepang yang Patut Dicontoh

Potret Orang Jepang, Filosofi Wabi Sabi-AXP Photography-Pexels.com

3. Kaizen

Kaizen berarti melakukan perbaikan dalam hidup dengan cara yang konsisten. Filosofi ini mengajarkan kita untuk memulai dari perbaikan yang kecil dan dilakukan secara berkelanjutan.

BACA JUGA:Nyentrik, Pria di Jepang Kondangan Pakai Kostum Gundam

BACA JUGA:Tutorial Edit Video Perkenalan MPLS Simple dan Kece di Aplikasi CapCut

Dengan menerapkan prinsip Kaizen, kita belajar untuk tidak menganggap remeh perbaikan apa pun, sekecil apa pun itu. Ini membantu kita mengembangkan kebiasaan baik yang terus menerus meningkatkan kualitas hidup kita secara perlahan namun pasti.

4. Wabi Sabi

Filosofi ini mengajarkan kita untuk melihat sebuah keindahan dari hal-hal yang tidak sempurna. Dalam filosofi ini kita diajarkan untuk fokus pada keberkahan dan kelebihan yang kita miliki daripada menyesali kekurangan dan hal-hal yang berada di luar kendali diri kita.

5. Kintsugi

Kintsugi adalah seni memperbaiki barang yang rusak dengan mengisi retaknya dengan emas atau perak. Filosofi ini mengajarkan pentingnya menerima dan memperbaiki kesalahan atau kerusakan dalam hidup kita.

BACA JUGA:3 Wisata PIK 2 Terbaru Ala Santorini, Italia Hingga Jepang Lengkap Dari Ala Beach Bali Sampai Wisata Religi

BACA JUGA:Kevin Lius Bong Umur Berapa? Ini Profil Lengkap Peserta Class of Champions Ruang Guru yang Jadi Sorotan

Dengan melihat retakan yang diisi dengan emas sebagai bagian dari sejarah barang tersebut, Kintsugi mengajarkan bahwa kesalahan atau kegagalan di masa lalu bukanlah sesuatu yang perlu disembunyikan atau dipermalukan, melainkan dapat dijadikan bagian yang berharga dan berarti dalam perjalanan hidup kita.

Ini mengajarkan kita untuk tidak terpaku pada kesalahan masa lalu, tetapi belajar dari pengalaman tersebut untuk menjadi lebih baik di masa depan.

Itulah 5 filosofi kehidupan orang Jepang yang patut untuk ditiru dan dijadikan contoh, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: