Sering Lupa? Begini Tips Tingkatkan Daya Ingat

Sering Lupa? Begini Tips Tingkatkan Daya Ingat

tips tingkatkan daya ingat-pinterest/kreafolk-

INFORADAR.ID - Memori manusia memang tidak sempurna, kadang kita sering lupa terhadap sesuatu. Namun, dengan latihan kamu dapat memperkuat daya ingat kamu.

Dalam podcast 'sikutu buku' yang diposting di platform Spotify, Micheal memberikan tips untuk meningkatkan daya ingat seseorang. Buat kamu yang terkadang sering lupa dengan sesuatu dan ingin tahu bagaimana cara meningkatkan daya ingat yang mudah, artikel ini cocok untuk kamu.

Penyebab sering lupa ada kaitanya dengan lapisan memori. Manusia selalu berasumsi jika sudah mengingat sesuatu makan seterusnya akan selalu ingat.  Ingatan kadang mengecewakan saat kamu sedang membutuhkan, kemungkinan kamu jarang melatih otak untuk mengingat sesuatu.

Kehidupan  sehari-hari manusia bergantung dengan ingatan dan memori, kamu pasti pernah lupa dengan nama seseorang atau lupa memiliki jadwal dengan orang lain. Untuk meningkatkan daya ingat, kamu perlu melatih memori, kamu memerlukan tantangan untuk melatihnya. Simak 4 tips berikut ini untuk meningkatkan daya ingat kamu.

BACA JUGA:Penting Banget! Ini 5 Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak Agar Tidak Mudah Lupa: yang Pelupa Harus Tahu

1. Memperkuat Memori

Memori suka dengan sebuah makna, kwtika sesuatu bermakna bagi kamu maka bagian yang ingin kamu ingat akan terhubung satu sama lain, ketika kamu mengingat satu bagian maka kamu akan mengingat seluruhnya. Misalnya saat kamu membaca buku, jangan hanya membacanya saja tapi tuliskan juga apa yang kamu pelajari dati buku itu lalu hubungkan  dengan pengalaman yang pernah kamu pelajari sebelumnya. Cara ini akan membantu mengingat informasi tersebut karena kamu memberi makna dari ingatan itu. 

2. Latihan Interogasi Elaboratif

Cara ini kamu mengajukan pertanyaan atas apa yang kamj pelajari. Pertanyaan dapat beragam, baik itu pertanyaan materi, hubungannya dengan hidup kamu atau kaitan dengan apa yang kamu pelajari sebelumnya. Kamu akan dipaksa berfikir lebih mendalam dan membuat korelasi dengan bertanya. Contoh bentuk pertanyannya yaitu 'mengapa hal ini penting?', 'apa kaitannya dengan informasi yang saya ketahui sebelumnya?' atau 'apa hubungannya dengan dunia nyata?'.  Cara ini membantu kamu tetap fokus dengan apa yang sedang kamu pelajari.

3. Gunakan Cerita

Cerita memiliki hubungan dengan setiap informasi yang ada sehingga cara ini sangatlah efektif untuk membantu daya ingat. Kamu akan mengingat berdasarkan sebuah tanda yang dapat memberikan petunjuk. Caranya kamu dapat mengidentifikasikan informasi kunci, ciptakan karakter atau objek dalam cerita lalu buatlah akur cerita dengan menambahkan detail visual dan emosional, ulangi dan perkuat cerita dengan mengulanginya beberapa kali untuk membantu mengingat.

BACA JUGA:Tips Efektif: Metode Belajar yang Ampuh untuk Mahasiswa yang Sering Lupa

4. Gunakan alat

Kamu juga butuh bantuan eksternal untuk mengingatkan sesuatu, karena daakalanya kamu bisa gagal dalam mengingat namun hal ini merupakan hal yang wajar. Misalnya kamu menggunakan aplikasi pengingat, kalender, alarm, to the list dan sebagainya.  Hal ini akan membantu kamu mengingat dan penting dilakukan dalam bekerja atau aktivitas lainnya. Misalnya kamu tidak menjadwalkan rapat organisasi dikalender,  mungkin saja kamu akan lupa dengan janji tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: