10 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Saat Tidur, Ini Solusinya

10 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Saat Tidur, Ini Solusinya

Ilustrasi: Cara mencegah gigitan nyamuk-Pixabay.com-FotoshopTofs

BACA JUGA:Tempat Wisata Pulau di Banten yang Wajib Dikunjungi, Cek Lokasinya

Sebaiknya kamu melakukan segala hal yang kamu bisa untuk membuat rumah dan halaman tidak menarik bagi nyamuk. Singkirkan genangan air, termasuk di ember, bak mandi burung, atau kolam anak-anak. Berjalanlah di sekitar rumah kamu dan tutup celah-celah di kasa atau pintu dengan weather stripping. Jika kamu tinggal di daerah yang rawan nyamuk, pertimbangkan untuk menyemprot halaman kamu.

3. Bersinar terang

Nyamuk memang ulet, tetapi mereka tidak terlalu pintar dan siklus internal mereka mudah terganggu. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Parasites and Vectors, paparan cahaya selama 10 menit saja di malam hari dapat menekan keinginan menggigit nyamuk. Bagian terbaiknya adalah penekanan keinginan menggigit berlangsung selama empat jam setelah cahaya masuk.

4. Kenakan kaus kaki

Simpan ini di bawah kategori aneh tapi nyata. Kaki yang bau bagaikan parfum yang manis bagi nyamuk yang lapar. Mandi sebelum tidur dapat membantu mengurangi godaan bau dan menutupi kaki kamu dengan kaus kaki akan mengurangi kemampuannya untuk menjangkau.

5. Kenakan parfum yang sensual

Parfum Victoria's Secret Bombshell secara mengejutkan efektif mengusir nyamuk menurut sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Insect Science. Aroma bunga dan buahnya mengusir nyamuk selama sekitar dua jam, bekerja hampir sama baiknya dengan semprotan yang mengandung 7 persen DEET. Parfum ini juga bekerja lebih baik daripada banyak pengusir serangga "alami".

6. Kenakan piyama panjang

Semakin sedikit kulit yang telanjang berarti semakin sedikit ruang yang bisa dijangkau nyamuk. Kenakan celana panjang, baju lengan panjang, dan kaus kaki, serta pastikan celana tersebut ketat di bagian pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan kerah agar nyamuk tidak dapat menyelinap di bawahnya.

7. Jalankan kipas angin

Menyalakan kipas angin di samping tempat tidur dapat membantu kamu tetap sejuk dan meredam suara dengan sedikit white noise. Namun, kipas angin juga dapat mengusir nyamuk, cara kerjanya ada dua. Nyamuk adalah penerbang yang lemah, bergerak sekitar 1 hingga 1,5 mil per jam, jadi angin yang kencang dapat menyulitkan mereka untuk mendekati kamu. Selain itu, nyamuk menemukan target mereka melalui aroma dan karbon dioksida yang kamu embuskan, jadi angin yang kencang akan mempersulit mereka untuk menemukan kamu.

8. Mandi sebelum tidur

Salah satu alasan nyamuk mencari orang untuk digigit adalah melalui aroma keringat mereka, yang mungkin ada hubungannya dengan asam laktat di dalamnya. Bilas keringat hari itu di kamar mandi agar Anda tidak menjadi sasaran serangga lapar.

9. Tutup jendela

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: