7 Penyebab Kanker Paru Paru Bagi Orang yang Tidak Merokok: Hati Hati! Ternyata Ini Penyebabnya

7 Penyebab Kanker Paru Paru Bagi Orang yang Tidak Merokok: Hati Hati! Ternyata Ini Penyebabnya

Penyebab kanker paru paru bagi orang yang tidak merokok-Pixabay.com-kalhh

BACA JUGA:4 Cara Membangun Kepercayaan dalam Suatu Hubungan: No 1 Penting Banget Nih!

1.Radon

Hanya sedikit orang yang menyadari risiko radon. Setiap tahun, hal ini menyebabkan sekitar 2.900 kematian akibat kanker paru-paru di antara orang-orang yang tidak pernah merokok, menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA). Penyakit ini bertanggung jawab atas sekitar 18.000 kematian di antara orang-orang yang merokok atau pernah merokok. Kasus-kasus tersebut mungkin tidak akan terjadi jika para perokok juga tidak terpapar radon gas radioaktif tak kasat mata yang dilepaskan dari jenis tanah tertentu. Hal ini membuat merokok jauh lebih berbahaya (dan sebaliknya).

2.Perokok pasif

Berada di dekat orang-orang yang merokok membuat kamu terpapar zat penyebab kanker yang sama dengan yang terdapat pada rokok, meskipun dosisnya lebih rendah dibandingkan jika kamu menghirupnya sendiri. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit memperkirakan bahwa perokok pasif meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru sebesar 20 hingga 30 persen, sedangkan perokok wanita dan pria masing-masing memiliki kemungkinan 13 dan 23 kali lebih besar terkena kanker paru-paru.

3.Polusi udara

Polusi udara, terutama partikel halus seperti PM 2.5 yang dihasilkan oleh knalpot mobil, pembangkit listrik, dan kebakaran hutan, dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, payudara, dan kanker lainnya .

4.Asbes

Asbes sebagai salah satu hal yang meningkatkan peluang kamu terkena kanker paru-paru. Namun efek kesehatan ini memerlukan paparan dengan intensitas tinggi dalam jangka panjang dan hal ini biasanya hanya ditemukan pada individu yang terpapar di tempat kerja.

5.PPOK

Penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK, sekelompok penyakit paru-paru yang mencakup bronkitis kronis dan emfisema, meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru. Salah satu alasan kaitan ini adalah kanker paru-paru dan PPOK memiliki faktor risiko yang serupa, seperti merokok dan paparan radon atau asbes. Merokok seumur hidup mungkin merupakan kontributor terbesar terhadap PPOK: Orang yang memenuhi syarat sebagai “tidak pernah merokok” mereka hanya merokok kurang dari 100 batang dalam hidupnya hanya terkena PPOK dalam “situasi ekstrem”.

6.Sejarah keluarga

Orang yang memiliki riwayat keluarga menderita kanker paru-paru mempunyai risiko lebih tinggi terkena penyakit ini, terutama jika mereka memiliki kerabat dekat yang mengidap kanker tersebut pada usia muda. Tidak ada tes genetik yang tersedia seperti halnya kanker payudara karena para ilmuwan belum menentukan gen yang bertanggung jawab atas penyakit ini.

7.Vaping

Vaping bukanlah alternatif yang lebih aman dibandingkan klaim orang yang merokok. Meskipun bahayanya semakin nyata, vaping masih populer bahkan di kalangan remaja. Hal ini hampir pasti mempunyai kemungkinan yang sangat tinggi untuk menyebabkan peningkatan jumlah kematian akibat kanker paru-paru yang akan terjadi seiring bertambahnya usia anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: